Cara Memformat Sebuah Field Di Access 2013

Advertisement
Selain dengan memiliki sebuah properti Input Mask untuk mengontrol bagaimana data dimasukkan, sebuah field juga memiliki properti Format yang mengontrol bagaimana data ditampilkan. Access akan mengambil pengaturan internasional Anda untuk tanggal/waktu dan mata uang, dan selama Anda menggunakan format bawaannya, data akan ditampilkan dalam format regional yang tepat.

Selain mendukung daftar format built-in, Anda juga bisa menggunakan kombinasi karakter untuk menspesifikkan format kustom pada data. Properti Format juga bisa memasukkan pola data numerik untuk menampilkan data dalam warna yang spesifik, tergantung dengan nilai data tersebut.

Cara memformat sebuah field:

  1. Pilih sebuah field.
  2. Pada tab General di bagian Field Properties, pilih format yang tersedia.

Berikut ini adalah beberapa karakter yang bisa digunakan untuk memformat:

  • (space): Menampilkan spasi sebagai karakter literal.
  • “ABC”: Menampilkan segala sesuatu didalam tanda kutip sebagai karakter literal.
  • !: Meratakan ke kiri bukan ke kanan.
  • *: Mengisi ruang yang tersedia dengan karakter selanjutnya.
  • \: Menampilkan karakter selanjutnya sebagai karakter literal. Anda juga bisa menampilkan karakter literal dengan cara menempatkan tanda kutip di sekelilingnya.
  • [color]: Menampilkan data yang di format dalam warna yang spesifik dalam tanda kurung. Warna yang tersedia adalah: Black, Blue, Green, Cyan, Red, Magenta, Yellow, White.
Tips & Trik:
Daftar format diatas hanyalah beberapa format dasar saja. Dalam keadaan tertentu, ada berbagai format untuk Date/Time, dan nilai numerik, format bisa memiliki hingga 4 bagian (mirip dengan Input Mask), masing-masingnya bisa menggunakan warna yang berbeda, tergantung dengan apakah nilai kurang dari 0, 0, lebih besar dari 0, atau kosong.

Artikel terkait:
Advertisement