Cara Melihat Relasi Di Access 2013

Advertisement
Relasi adalah sebuah hubungan yang tidak bisa dirusak ketika Anda memasukkan atau mengubah data, dan menjamin konsistensi data Anda. Diagram relasi bisa menjadi sebuah alat yang menyesatkan karena dibuat untuk dua tujuan.

Pertama, diagram relasi adalah sebuah peta dimana Anda bisa menghapus tabel dan query tanpa mengubah apapun. Ini adalah sebuah gambar pasif yang bisa membantu Anda untuk melihat bagaimana tabel-tabel berhubungan satu sama lainnya.

Tujuan kedua dari diagram adalah kebalikan dari yang pertama. Ketika sudah diketahui relasi yang sesungguhnya antar tabel, diagram tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat dan menghapus relasi antar tabel.

Cara melihat relasi:

  1. Klik tab Database Tools.
  2. Klik Relationships.
  3. Klik dua kali sebuah garis relasi untuk menampilkan atau mengubah relasi.
Tips & Trik:
Jika Anda memiliki banyak tabel pada diagram relasi, Anda bisa menyembunyikan semuanya dari diagram dan menambahkan hanya satu tabel saja ke diagram. Lalu, dengan memilih tabel tersebut dan meng-klik Direct Relationships (pada tab Design di Ribbon) akan menampilkan relasi tabel yang dipilih dengan tabel lain di dalam database. Fitur ini sangat berguna ketika Anda memiliki database yang kompleks yang terdiri dari banyak tabel.

Artikel terkait:
Advertisement