Cara Menambahkan Relasi Di Access 2013

Advertisement
Untuk mengimpor data dari sumber lain, Access sangat bisa diandalkan. Setelah Anda melakukan impor data, Anda mungkin ingin membuat relasi pada data yang sudah ada. Ini untuk membantu memastikan apakah data yang baru dimasukkan konsisten. Access memperkenankan Anda untuk membuat dua jenis relasi. Jenis pertama hanya menghubungkan dua tabel yang diindikasikan oleh garis sederhana yang menghubungkan antara dua tabel.

Relasi jenis kedua adalah Enforce Referential Integrity. Ini adalah relasi spesial, yang juga memiliki aturan untuk memastikan apakah data pada tabel yang berbeda konsisten.

Cara menambahkan relasi:

  1. Pada Design View Relationship, jika tabel tabel belum ditampilkan pada diagram, klik Show Table dan pilih tabel dari daftar yang tersedia.
  2. Klik dua kali nama tabel untuk menambahkan tabel ke diagram (jika belum ditampilkan). Klik Close untuk menutup jendela pop-up Show Table.
  3. Klik field pada sebuah tabel.
  4. Drag/tarik field ke tabel lain. Jendela pop-up Edit Relationships akan ditampilkan ketika Anda meletakkan field ke dalam tabel lain.
  5. Pilih check box Enforce Referential Integrity.
  6. Klik Create.
  7. Sekarang Anda bisa melihat garis relasi baru yang ditampilkan pada diagram.
  8. Klik Save untuk menyimpan gambar relasi Anda.
Tips & Trik:
  • Untuk membuat atau mengedit relasi antar tabel pada diagram relasi, tabel harus dalam keadaan tidak terbuka di tab/jendela lain. Anda harus membuat relasi antar field yang memiliki tipe data yang sama. Jika Anda memilih memberlakukan integritas referensial (Enforce Referential Integrity), setiap data yang sudah ada pada field yang termasuk bagian dari relasi harus konsisten dengan data pada sisi lain relasi. Misalnya, jika Anda memiliki IDKustomer pada tabel Kontak dengan nilai 99 tapi tidak ada record ID 99 pada tabel Kustomer, maka Anda tidak bisa memberlakukan integritas referensial.
  • Ketika sebuah relasi memberlakukan integritas referensial, Anda akan melihat angka 1 di salah satu relasi dan simbol (∞) pada sisi lain relasi. Pada gambar diatas, Anda akan melihat sebuah relasi antara tabel Contacts dan Tasks yang tidak memiliki simbol ini pada garis relasinya. Hal ini dikarenakan relasi tersebut tidak memberlakukan integritas referensial. Kebanyakan database tidak memiliki kemampuan ini untuk mendefinisikan relasi apakah mungkin atau tidak mungkin untuk memiliki integritas referensial. Sebuah relasi tanpa integritas referensial bertindak sebagai panduan bagaimana tabel-tabel bisa dihubungkan bersama-sama ketika query dibuat.

Artikel terkait:
Advertisement