Cara Menambahkan Primary Key Di Access 2013

Advertisement
Sebuah tabel sangat direkomendasikan (wajib) untuk memiliki Primary Key. Key ini memungkinkan Anda untuk membuat relasi antara tabel dengan data. Jika Anda tidak bisa atau lupa menentukan Key ketika Anda pertama kali menyimpan tabel baru, Access akan memperingatkan Anda bahwa tidak ada Primary Key, dan lalu jika Anda setuju, Anda bisa menambahkan penomoran otomatis sebagai Primary Key-nya.

Primary Key haruslah unik untuk tiap baris tabel, dan bisa berisi satu atau banyak field sekaligus. Primary Key harus diberikan nilai sebelum record tersebut disimpan, karena itulah alasan mengapa tipe data AutoNumber menjadi pilihan yang populer sebagai Primary Key tanpa harus repot menentukannya sendiri. Primary Key bisa ditambahkan atau diubah baik pada Design View maupun Layout View.

Cara mendefinisikan Primary Key pada Design View:

  1. Klik kanan pada tabel di Navigation Pane.
  2. Pilih Design View.
  3. Pilih satu (atau lebih) field. Gunakan tombol [CTRL] dan klik field selector untuk memilih banyak field sekaligus.
  4. Klik Primary Key.
  5. Klik Save.
Tips & Trik:
  • Untuk bisa menjadi Primary Key, tiap field harus ada nilainya dan tidak boleh kosong, dan kombinasi field haruslah unik.
  • Web App hanya mendukung Primary Key numerik (normalnya adalah AutoNumber), jadi hal ini (Primary Key dengan menggunakan AutoNumber) adalah opsi yang layak diperhitungkan jika di kemudian hari Anda memindahkan aplikasi Anda ke Web App.

Artikel terkait:
Advertisement