Cara Menambah Dan Membuat Data Part Baru Pada Layout View Di Access 2013

Advertisement
Data Part, yang ditampilkan di Layout View di drop-down More Fields, memungkinkan Anda mempercepat proses penambahan satu atau lebih field ke dalam tabel menggunakan daftar field yang telah disiapkan. Misalnya, menambahkan Address akan menambahkan field Address, City, StateProvince, ZipPost, dan CountryRegion ke dalam tabel Anda sekaligus.

Anda juga bisa memilih sejumlah field yang sudah ada di dalam tabel, dan menambahkannya ke dalam daftar Data Part ini sehingga memudahkan Anda untuk menambahkan field-field tersebut ke dalam tabel lainnya.

Cara menambahkan Data Part:

  1. Dengan posisi tabel terbuka di Layout View, klik pada kotak Click To Add yang ada di sebelah kanan Datasheet. Kursor akan diposisikan untuk menambahkan field baru.
  2. Klik tab Fields.
  3. Klik More Fields.
  4. Scroll/gulung pada daftar field yang tersedia, lalu klik field Address.
  5. Field baru otomatis ditambahkan ke dalam desain tabel.

Cara membuat Data Part baru:

  1. Dengan posisi tabel terbuka di layout View, klik pada judul satu (atau lebih) field. Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan tombol [SHIFT] untuk memilih banyak field sekaligus yang berada di sebelahnya.
  2. Klik tab Fields.
  3. Klik More Fields.
  4. Scroll/gulung ke bagian bawah daftar, lalu pilih Save Selection As New Data Type.
  5. Masukkan nama tipe data.
  6. Berikan deskripsi tipe data tersebut.
  7. Pilih kategori dimana tipe data tersebut ditampilkan.
  8. Klik OK.
  9. Pada pesan yang muncul, catat lokasi dimana tipe data Anda disimpan, lalu klik OK.
  10. Jika Anda klik More Fields lagi, Anda bisa melihat bahwa tipe data baru Anda telah ditambahkan ke dalam daftar tipe data yang tersedia. Sekarang Anda bisa menambahkan tipe data baru ini ke dalam tabel lain dengan menggunakan cara diatas Cara menambahkan Data Part.

Artikel terkait:
Advertisement