Cara Membuat Report Parent/Child Di Access 2013

Advertisement
Report parent/child mirip dengan form parent/child, dimana satu tabel atau query menyediakan record parent dan tabel atau query lain yang berisi record child yang berkaitan, yang ditampilkan pada subreport.

Report Wizard tidak memiliki opsi untuk membuat report parent/child. Anda harus memulainya dengan membuat dua report, satu dijadikan parent dan lainnya akan menjadi child. Lalu Anda drag/tarik report child ke dalam report parent ketika berada pada Design View.

Cara membuat report parent/child:

  1. Buat subreport Tabular dengan menggunakan Report Wizard, lalu simpan dan tutup report tersebut.
  2. Buka report parent pada Design View, letakkan report disebelah panel navigasi dan pilih report child untuk diletakkan pada report parent.
  3. Drag/tarik report child ke dalam report parent. Ini akan membuat sebuah kontrol subreport. Pilih Print Preview dari menu drop-down View pada tab Design.
  4. Untuk melihat bagaimana report membutuhkan penyesuaian lebih lanjut untuk menghindarinya terbagi menjadi dua halaman, klik Two Pages pada tab Print Preview. Pada gambar contoh, lebar kontrol subreport perlu dikurangi.
Tips & Trik:
Jika Anda memiliki masalah data pada subreport yang tidak di-filter oleh report parent, tampilkan panel Report Properties dan amati nilai pada properti Link Master Fields (parent) dan Link Child Fields. Properti tersebut juga memiliki tombol build yang bisa memandu Anda memilih field yang digunakan untuk menghubungkan report parent dengan report child.

Artikel terkait:
Advertisement