Cara Membuat Report Tabular Dengan Beberapa Tabel Di Access 2013

Advertisement
Seperti form, sebuah report bisa memiliki Header dan Footer diatas dan dibawah bagian Detail, dan didalamnya juga mendukung halaman Header/Footer. Yang membedakan dengan form, report memungkinkan bagian Detail untuk dikelilingi oleh beberapa kelompok berdasarkan nilai field umum. Setiap layer pengelompokan mendukung grup Header untuk menambahkan title ke kolom, dan grup Footer yang bisa menyediakan informasi ringkasan untuk grup.

Cara membuat report Tabular:

  1. Klik tab Create.
  2. Pada grup Reports, klik Report Wizard.
  3. Pada Report Wizard, pilih tabel pertama Anda.
  4. Pilih field dari tabel pertama.
  5. Pada halaman yang sama, gunakan kotak drop-down untuk memilih tabel kedua yang berkaitan.
  6. Pilih field dari tabel kedua.
  7. Klik Next.
  8. Pada halaman selanjutnya dari Report Wizard, Anda bisa memilih bagaimana Anda melihat data. Pada gambar contoh, dipilih By Customers.
  9. Klik Next.
  10. Pada halaman selanjutnya dari Report Wizard, pilih field tambahan untuk mengelompokkan data. Klik Next.
  11. Pada halaman selanjutnya dari Report Wizard, pilih untuk menyortir berdasarkan satu atau beberapa field.
  12. Klik Next.
  13. Pada halaman selanjutnya dari Report Wizard, pilih layout dan orientasi report. Ubah opsi Layout menjadi Block.
  14. Klik Next.
  15. Pada halaman selanjutnya dari Report Wizard, ubah nama report (opsional), lalu pilih apakah report dibuka pada Print Preview atau Design View. Klik Finish. Report yang sudah jadi sekarang ditampilkan pada Print Preview.
  16. Pada tab Home, klik View, dan pilih Design View dari submenu.
  17. Pada gambar contoh, pada Design View Anda bisa melihat tambahan pengelompokan baru pada Customer ID yang ditambahkan oleh Report Wizard disekitar bagian Detail. Pengelompokan hanya memiliki Header, tidak memiliki Footer. Atur lebar field yang label atau datanya tidak terlihat secara penuh.
Tips & Trik:
  • Jika Anda membuat report berdasarkan satu tabel, atau jika Anda membuat query yang melibatkan satu tabel, Wizard akan menampilkan opsi yang berbeda untuk layout (Columnar, Tabular, atau Justified). Pilih Tabular.
  • Ketika field nomor atau tanggal tidak memiliki ruang yang cukup untuk menampilkan informasi, data akan ditampilkan dengan simbol (#). Anda harus mengubah ukuran field untuk menampilkan informasi penuhnya.

Artikel terkait:
Advertisement