Cara Menggunakan Layout View, Report View, Dan Print Preview Di Access 2013

Advertisement
Ketika Anda klik-dua-kali sebuah report di panel navigasi, report tersebut terbuka di Report View, yang menampilkan semua record sebagai daftar kontinuous. Anda bisa beralih ke Print Preview untuk melihat halaman-halaman report seperti ketika akan dicetak.

Anda bisa membuat form dan report menggunakan kontrol yang diatur dalam layout. Fitur penyajian layout memiliki kelebihan yang memungknkan Anda untuk dengan mudah memodifikasi report sambil melihat data pada Layout View. Dengan klik tombol Report pada tab Create, akan membuat report Tabular dimana kontrol diletakkan pada layout. Opsi pada tab Arrange dimaksudkan untuk digunakan dengan penyajian layout.

Cara mengubah report di Layout View:

  1. Pilih sebuah tabel pada panel navigasi.
  2. Klik tab Create.
  3. Klik Report pada grup Reports.
  4. Klik di baris kolom atau heading.
  5. Klik tab Arrange.
  6. Klik Select Column di grup Rows & Columns. Anda bisa mengatur posisi kolom dengan cara drag/tarik ke kiri atau kanan.

Cara beralih diantara Report View dan Print Preview:

  1. Klik-dua-kali sebuah report untuk membukanya pada Report View.
  2. Klik tanda-panah drop-down View, lalu pilih Print Preview.
Tips & Trik:
  • Anda mungkin merasa lebih mudah mengubah penyajian dengan cara menghapus setiap layout kontrol. Namun, jika Anda melakukannya, Anda akan kehilangan banyak keuntungan ketika bekerja di Layout View. Dengan menggunakan layout kontrol, menggunakan icon di grup Rows & Columns pada tab Arrange, mengubah layout akan terasa lebih sederhana.
  • Cara lain untuk membuka report, di panel navigasi Anda bisa klik-kanan pada sebuah report dan pilih bagaimana Anda menampilkan report dengan memilih: Open (Report View), Layout View, atau Print Preview. Jika Anda membuka report pada Print Preview, menutup View juga akan menutup report, tapi jika Anda membuka report pada Report View atau Layout View lalu kemudian beralih ke Print Preview, menutup Print Preview akan kembali ke View sebelumnya.
  • Ketika report ditampilkan, Anda bisa menggunakan icon pada Status Bar (kanan bawah layar) untuk beralih diantara View. Jika Anda pertama membuka report pada Print Preview, Anda bisa menggunakan icon tersebut untuk dengan cepat memilih View lainnya tanpa harus menutup report.

Artikel terkait:
Advertisement