Cara Mengubah Penyajian Kontrol Pada Sebuah Halaman Di Access 2013

Advertisement
Pada contoh berikut, kami membuat report menggunakan Report Wizard, yang artinya kontrol tidak terkunci ke dalam layout. Kami memulai dengan bagaimana melakukan pengaturan dasar penyajian kontrol pada report, seperti mengubah lebar kontrol, Alignment, dan membagi teks label menjadi beberapa baris.

Tidak seperti form yang memiliki Default View yang bisa Anda atur menjadi Single Form atau Continuous Form, report selalu menampilkan tabel data kontinu. Namun, dengan memindahkan kontrol dan label ke dalam bagian Detail atau bagian grup Header/Footer, Anda bisa mengubah tabulasi menjadi penyajian dengan style record tunggal.

Cara mengubah ukuran dan posisi kontrol:

  1. Klik-kanan report pada panel navigasi, dan pilih Design View (jika Anda sudah membuka report, gunakan tombol View pada tab Home untuk beralih ke Design View).
  2. Jika Anda memiliki label yang terlalu panjang dan tumpang-tindih dengan label lainnya, klik teks pada label pada halaman Header dan posisikan kursor dimana Anda ingin membagi teks label menjadi dua baris.
  3. Tekan tombol keyboard [CTRL + ENTER] untuk membagi title (ditampilkan pada gambar, label Order Date yang telah dibagi). Halaman Header akan bertambah tinggi untuk menampung label sudah yang menjadi dua baris.
  4. Untuk memindahkan label dan kontrol pada bagian Detail secara bersamaan, klik untuk memilih label.
  5. Tekan-tahan tombol [CTRL], dan pilih field pada bagian Detail. Gunakan mouse untuk drag/tarik label dan field ke posisi baru.
  6. Jika Anda memiliki kontrol dan label yang tidak sejajar, klik untuk memilih label.
  7. Klik untuk memilih kontrol pada bagian Detail, tekan-tahan tombol [CTRL] sehingga label dan kontrol lain dipilih.
  8. Klik tab Arrange pada tab Report Design Tools.
  9. Klik Align pada grup Sizing & Ordering.
  10. Pada menu drop-down, klik Left untuk mensejajarkan kontrol ke kiri.
  11. Untuk menyamakan lebar kontrol dan label, klik Size/Space pada grup Sizing & Ordering.
  12. Pada menu drop-down, pilih To Widest, yang akan mengubah ke yang paling lebar.
Tips & Trik:
Untuk mendapatkan pengaturan yang lebih baik ketika memindahkan label atau kontrol, Anda bisa menggunakan tombol panah pada keyboard. Tekan-tahan [CTRL] sambil menekan tombol panah akan menggerakkan kontrol sedikit demi sedikit, dan menekan-tahan tombol [SHIFT] sambil menekan tombol panah akan mengubah ukuran kontrol.

Artikel terkait:
Advertisement