Cara Menampilkan Jendela Navigasi Access 2013

Advertisement
Mirip dengan aplikasi database pada desktop, Web App menyediakan jendela navigasi (Navigation Pane), yang mengelompokkan objek Access Anda. Hal ini mirip dengan antarmuka database pada desktop dan bisa di filter dengan mudah untuk membantu Anda menemukan objek desain yang spesifik. Ini berarti Anda bisa menggunakan fitur desain dari tabel di Table Selector maupun tabel yang terdapat di jendela navigasi. Di jendela navigasi, View tersusun dibawah judul Form. Ini karena terminologi yang digunakan di jendela navigasi berasal dari database desktop.

Cara menampilkan jendela navigasi:

  1. Klik Charm Setting/Action di Table Selector untuk menampilkan pilihan yang tersedia.
  2. Klik Navigation Pane di tab Home untuk menampilkan jendela navigasi.
  3. Gunakan kotak pencarian untuk menyaring hasil pencarian.
  4. Klik kanan sebuah tabel untuk menampilkan opsi yang mirip dengan yang tersedia di Table Selector.
  5. Klik tiap View yang ditampilkan dari tabel yang spesifik. Ini adalah tabel View yang berbeda yang dibangun otomatis oleh Access.
Tips & Trik:
  • Jika Anda memilih shortcut Open di menu Table Selector atau memilih View Data dari opsi yang ada di Table Selector, Anda bisa memasukkan data langsung ke tabel tanpa membutuhkan lagi menampilkan View di web browser.
  • Setelah Access secara otomatis membuat View dari data Anda, jika Anda menambahkan field baru di tabel, View secara otomatis akan berubah untuk memasukkan field baru Anda tersebut, fitur yang sangat bagus. Tapi jika Anda melakukan edit View, kemampuan ini akan hilang. Ini menyeimbangkan kebutuhan orang yang menginginkan Access untuk mengontrol layout dengan para pengguna yang menginginkan kontrol layout yang lebih baik.
  • Jika Anda klik Edit, Anda tidak akan mengubah desain tabel, tapi hanya akan mengubah desain dari View yang telah dipilih.

Artikel terkait:
Advertisement