Cara Reset AutoNumber Menggunakan Query Append Di Access 2013

Advertisement
Access secara otomatis mengalokasikan AutoNumber. Meskipun mengikuti urutan, celah bisa saja terjadi ketika record dihapus. Dan juga, jika Anda memadatkan dan memperbaiki (Compact & Repair) database, maka urutan AutoNumber akan di-reset untuk menyesuaikan dengan AutoNumber terbesar berikutnya pada tabel Anda. Jika Anda menghapus AutoNumber yang terbesar, dengan nilai 555 (AutoNumber berikutnya menjadi 556), lalu memadatkan dan memperbaiki database, AutoNumber berikutnya akan dimulai dari 555.

Anda bisa menggunakan cara yang dibahas disini untuk mengembalikan nomor yang hilang atau melakukan reset penomoran agar dimulai dari nilai tertentu. Ini akan melibatkan query yang akan menambahkan nilai spesifik ke dalam tabel tujuan.

Cara reset AutoNumber:

  1. Mulailah dengan query baru pada Design View, tapi klik Close ketika diminta untuk Show Table. Anda akan memiliki grid query yang kosong.
  2. Klik Append.
  3. Pilih tabel yang ingin Anda tambahkan, lalu klik OK.
  4. Ketikkan nilai baru untuk AutoNumber.
  5. Pilih field AutoNumber pada tabel tujuan.
  6. Jalankan query. Ini akan menambahkan produk baru dengan ID 9999, memungkinkan record baru untuk dihitung mulai dari 10000. Anda bisa menghapus record 9999 nantinya.

Artikel terkait:
Advertisement