Cara Membuat Tabel Menggunakan Query Make Table Di Access 2013

Advertisement
Query Make Table akan membuat tabel baru berdasarkan pada seleksi yang Anda lakukan pada grid query. Tipe query ini berguna ketika Anda ingin meningkatkan desain database dengan membuat daftar data baru atau dengan memecah data dari satu tabel menjadi beberapa tabel.

Pada contoh berikut, kami akan memecah daftar kontak dari tabel Customers untuk membuat tabel baru yang memungkinkan tabel untuk me-record banyak kontak pada tiap kustomer, meningkatkan fleksibilitas desain database.

Jika Anda mengimpor data, Anda bisa menjalankan query Make Table untuk memindahkan data tersebut ke dalam tabel baru.

Cara membuat tabel menggunakan query Make Table:

  1. Klik tab Create.
  2. Klik Query Design.
  3. Tambahkan tabel dan field Anda ke dalam grid query.
  4. Klik Make Table.
  5. Ketikkan nama tabel baru Anda.
  6. Klik OK. Sebelum klik tombol Run, Anda bisa klik View untuk melihat data yang akan dibuat pada tabel baru, lalu kembali ke Design View untuk mengeksekusi query dengan cara klik tombol Run.
  7. Klik Run untuk mengeksekusi query.
  8. Klik Yes untuk membuat tabel baru.
Tips & Trik:
  • Ketika mengimpor data, jika Anda sering mengulangi proses impor dan Anda melakukan pengubahan desain tabel baru yang dibuat oleh query Make Table, Anda bisa mempertimbangkan untuk mempertahankan setiap tabel yang dibuat ketika memproses data, gunakan query Delete untuk mengosongkan tabel, lalu gunakan query Append untuk menambah data baru. Ini akan menghindari Anda dari keharusan menggunakan query Make Table untuk membuat ulang tabel baru dan kehilangan setiap perubahan yang Anda lakukan pada tabel.
  • Setelah Anda memberikan nama tabel baru, nama tersebut tidak ditampilkan pada grid query. Jika Anda ingin memeriksanya, berpindahlah ke SQL View.
  • Setelah Anda membuat tabel baru, Anda bisa mengubah desain tabel untuk menambahkan primary key dan mengatur relasi.

Artikel terkait:
Advertisement