Cara Menghubungkan Form Ke Tabel Atau Query Menggunakan Macro Di Access 2013

Advertisement
Teknik desain yang populer ketika membuat user interface adalah membuat query yang memiliki kriteria filter yang secara langsung mereferensikan satu atau beberapa kontrol pada form. Lalu user mengetik sebuah nilai kedalam kontrol pada form dan klik sebuah tombol pada form, dimana akan membuka sebuah query atau form/report berdasarkan query, dimana query melakukan link kembali untuk memfilter nilai yang telah dimasukkan pada form.

Pada contoh berikut, dijelaskan bagaimana form akan membuka query, tapi Anda bisa dengan mudah mengubahnya untuk membuka form atau report.

Cara menghubungkan form ke tabel atau query menggunakan Macro:

  1. Buka form pada Design View. Tambahkan kontrol Text Box. Text Box ini akan berisi nilai yang akan digunakan untuk memfilter data pada query.
  2. Ketikkan nama kontrol Text Box. Memberi nama akan memudahkan dalam membuat ekspresi ketika Anda memiliki beberapa kontrol pada form.
  3. Simpan form, tapi jangan ditutup.
  4. Buat query, dan pilih sebuah field yang akan di-filter menggunakan data pada kontrol yang telah dibuat pada form.
  5. Simpan query.
  6. Klik baris Criteria, di kolom dimana data akan di-filter.
  7. Klik Builder untuk membuka jendela pop-up Expression Builder.
  8. Pada panel Expression Builder, cari form yang telah Anda buat sebelumnya. Pilih form tersebut.
  9. Klik-dua-kali kontrol Text Box yang telah ditambahkan ke dalam form. Klik OK.
  10. Simpan dan lalu tutup query. Kembali ke form Anda pada Design View. Lakukan langkah nomor 2 sampai 5 yang ada di artikel: Membuat Embedded Macro Untuk Membuka Form Lain Di Access yang akan menambahkan tombol Command untuk membuka form dan menampilkan tool desain Macro untuk event OnClick pada tombol Command. Namun, kali ini pilih perintah Macro OpenQuery pada langkah nomor 5 di artikel tersebut.
  11. Dari daftar query yang tersedia, pilih query yang Anda simpan. lalu simpan dan tutup jendela Macro. Anda sekarang telah memiliki sebuah form dengan kontrol yang Anda bisa mengetikkan nilai di dalamnya, dan sebuah tombol yang akan membuka query yang memfilter data berdasarkan nilai yang Anda ketikkan ke dalam kontrol.
Tips & Trik:
  • Anda bisa meningkatkan cara ini dengan menambahkan perintah Macro Requery, yang akan mengupdate query setelah Anda membuat perubahan pada Text Box pada form tanpa harus menutup jendela query.
  • Simbol ! adalah bagian dari sintak yang digunakan untuk merujuk ke objek yang ada di dalam sebuah koleksi. Sintak dalam contoh disini diterjemahkan menjadi "Lihat pada koleksi Form untuk form, lalu lihat pada koleksi Controls form untuk kontrol".

Artikel terkait:
Advertisement