Cara Memvalidasi Data Yang Dimasukkan Ke Dalam Kontrol Menggunakan Macro Di Access 2013

Advertisement
Kontrol pada form memiliki event Before Update yang memungkinkan Anda untuk menggunakan perintah Macro untuk menambahkan tindakan ketika user memasukkan data sebelum entry-nya disetujui. Lalu Anda bisa memutuskan apakah menyetujui atau tidak data yang dimasukkan ke dalam kontrol.

Event form Before Update akan mengeksekusi sebelum record disimpan. Anda bisa menggunakan event ini untuk memeriksa data, membandingkan nilai pada beberapa kontrol sebelum menerima atau menolak perubahan.

Cara memvalidasi data yang dimasukkan ke dalam kontrol menggunakan Macro:

  1. Pada Design View, cari form yang ingin Anda tambahkan validasi, lalu klik tab Event di panel Property Sheet untuk menampilkan properti event. Pada gambar contoh, kami membuat form baru dan menambahkan kontrol Unbound Text Box ke dalam form.
  2. Klik tombol build pada event Before Update, dan pilih Macro Builder.
  3. Pilih perintah If dan field Add New Action.
  4. Ketikkan ekspresi NZ(txtLowerCount) < 10. IntelliSense akan menampilkan daftar kontrol setelah Anda mengetikkan NZ. Kontrol pada contoh adalah txtLowerCount.
  5. Pada kotak drop-down dibawah perintah If, pilih action MessageBox pada field Add New Action. Ketikkan pesan peringatan dan title untuk action Message Box.
  6. Pada field Add New Action dibawah Message Box (tapi masih di dalam blok If), pilih perintah CancelEvent.
  7. Simpan dan tutup Macro Designer. Jika Anda sekarang melihat form Anda, lalu mengetikkan nilai pada field, Anda akan melihat rule validasi yang menampilkan kotak pesan dan membatalkan tindakan Anda ketika memasukkan nilai yang salah.

Artikel terkait:
Advertisement