Cara Membuat Kontrol Mengubah Kontrol Lainnya Menggunakan Macro Di Access 2013

Advertisement
Kontrol pada sebuah form memiliki event After Update yang berlaku setelah event Before Update. Jika event Before Update membatalkan perubahan data karena gagal tervalidasi, event After Update tidak akan dijalankan. Event After Update digunakan untuk melakukan tindakan setelah data berhasil diubah, dan salah satu implementasinya adalah mengubah bagaimana kontrol lain bisa digunakan setelah data berubah.

Selain setiap kontrol memiliki event After Update, form juga memiliki event tersebut.

Cara membuat kontrol mengubah kontrol lainnya menggunakan Macro:

  1. Pada Design View, cari kontrol yang ingin Anda tambahkan action After Update, lalu klik tab Event pada panel Property Sheet. Pada gambar contoh, kami menggunakan form dari artikel: Memvalidasi Data Yang Dimasukkan Ke Dalam Kontrol dan menambahkan Unbound Text Box yang properti Enable di set false.
  2. Klik tombol build pada event After Update, dan pilih Macro Builder.
  3. Pada tab Macro Tools Design, pilih Show All Actions. Jika tidak Anda pilih, Anda tidak akan melihat perintah Macro SetValue pada daftar drop-down perintah.
  4. Tambahkan perintah SetProperty. Pada gambar contoh, ini akan mengaktifkan kontrol kedua ketika kontrol pertama telah tervalidasi dan Macro After Update akan dijalankan.
  5. Tambahkan perintah Macro SetValue. Pada gambar contoh, kami mengatur nilai kontrol kedua sama dengan nilai yang dimasukkan pada kontrol pertama. IntelliSense akan memandu Anda ketika Anda mengetikkan data pada field Item dan Expression.
Tips & Trik:
Action Catalog pada sisi kanan layar menyediakan cara lain untuk menampilkan perintah Macro yang tersedia dan memilih sebuah perintah. Jika Anda klik-dua-kali sebuah perintah, perintah tersebut akan ditambahkan ke kiri. Juga perhatikan icon segitiga-peringatan yang ada di sebelah perintah yang hanya tersedia di Trusted Document.

Artikel terkait:
Advertisement