Cara Membuat Embedded Macro Untuk Membuka Form Lain Di Access 2013

Advertisement
Perintah-perintah Macro seperti OpenForm, OpenReport, OpenTable, dan OpenQuery adalah perintah yang sangat umum dan mudah untuk digunakan. Perintah tersebut memungkinkan Anda untuk membuka form lain, mencetak report, atau menampilkan data di tabel atau query. Normalnya, perintah Macro tersebut menggunakan event OnClick pada kontrol tombol Command, tapi mereka juga bisa digunakan sebagai macro independen dari sebuah form.

Setiap kontrol yang ada pada sebuah form memiliki event, dan event OnClick untuk tombol akan diaktifkan ketika user melakukan klik pada tombol tersebut. Anda tidak perlu memahami semua event yang ada, dan Anda bisa melakukan pemrograman hanya menggunakan beberapa event saja.

Cara membuat Embedded Macro untuk membuka form lain:

  1. Buka form pada Design View. Klik untuk membuka daftar kontrol, dan matikan opsi Use Control Wizard.
  2. Klik kontrol Button, lalu klik pada form untuk menambahkan tombol ke dalam form.
  3. Pada panel Property Sheet, klik tab Event, lalu klik tombol build pada event On Click.
  4. Pada kotak dialog Choose Builder, pilih Macro Builder, lalu klik OK.
  5. Pada kotak drop-down Add New Action, pilih OpenForm.
  6. Pilih form lain yang akan ditampilkan dari daftar drop-down Form Name.
  7. Simpan dan tutup tool desain Macro. Jika Anda sekarang menampilkan form pada Form View dan klik tombol Command, maka akan membuka form lain yang telah Anda tentukan di perintah Macro OpenForm.
  8. Kembali ke Design View, dan tambahkan kontrol Text Box ke dalam form. Pastikan bahwa Anda mengubah nama kontrol (pada gambar contoh adalah txtCountry). Simpan form Anda.
  9. Klik untuk memilih kontrol Button yang telah Anda tambahkan pada langkah nomor 2. Lalu klik tombol build untuk kembali ke editor Macro, dan ubah kode Macro yang tertanam pada tombol Anda.
  10. Ubah Where Condition sehingga data pada form yang Anda buka akan di-filter oleh data yang dimasukkan ke dalam kontrol Text Box. Pada gambar contoh, txtCountry adalah nama kontrol, dan form yang kami buka berdasarkan tabel yang memiliki field [Country].
Tips & Trik:
Ketika Anda memulai mengetik di kotak Where Condition, IntelliSense akan membantu Anda mencari form. Setelah mengetikkan Forms!, Anda akan melihat daftar form yang tersedia. Dan setelah Anda memilih sebuah form dan mengetikkan karakter !, daftar kontrol pada form akan ditampilkan.

Artikel terkait:
Advertisement