Cara Membuat Tabel Di Excel 2013

Advertisement
Salah satu cara yang populer dalam mengelola data di Excel adalah dengan membuat daftar data. Sebuah daftar mendeskripsikan satu tipe objek, seperti order, sales, atau informasi kontak. Secara struktur, sebuah daftar terdiri dari baris header, yang berisi label yang mendeskripsikan data pada tiap kolom dan barisnya. Misalnya, jika Anda menggunakan daftar untuk menyimpan informasi kontak kustomer, Anda bisa memiliki beberapa kolom untuk nama-depan kustomer, nama-belakang, alamat, kota, propinsi, kode pos, dan nomor telepon. Tiap baris pada sebuah daftar akan berisi informasi kustomer tertentu.

Pada Excel 2013, Anda bisa menyimpan daftar data Anda pada tabel Excel, yang kemudian bisa Anda gunakan untuk merangkum data keseluruhan.

Cara membuat tabel Excel:

  1. Masukkan header tabel pada satu baris.
  2. Masukkan data pertama tepat dibawah baris header.
  3. Klik sembarang cell selama masih dalam rentang data Anda.
  4. Pada tab Home, klik Format As Table.
  5. Pilih style tabel yang akan digunakan.
  6. Verifikasi apakah Excel sudah mengidentifikasikan rentang data dengan benar.
  7. Jika tabel Anda memiliki header, pilih check box My Table Has Headers.
  8. Klik OK.

Cara menambahkan data pada tabel Excel:

  • Klik pada cell yang ada di pojok kanan bawah tabel Excel, lalu tekan [TAB] untuk membuat baris tabel baru.
  • Langkah alternatif lainnya adalah: masukkan data pada cell dibawah pojok kiri bawah tabel Excel, lalu tekan [TAB]. Excel akan membuat baris baru yang menjadi bagian dari tabel.
Tips & Trik:
Anda bisa menampilkan kotak dialog Create Table dengan cara klik pada sembarang cell yang masih berada pada rentang data Anda. lalu tekan [CTRL + L]. Jika Anda klik OK, maka Excel 2013 akan membuat tabel menggunakan style defaultnya.

Artikel terkait:
Advertisement