Mengetahui Bagaimana Excel 2013 Menafsirkan Entry Data

Advertisement
Excel akan menafsirkan tipe data yang Anda masukkan pada Worksheet, dan mengaplikasikan format yang tepat pada data tersebut. Sangatlah penting untuk mengingat bahwa Excel adalah sebuah program komputer, yang memiliki keterbatasan. Misalnya, Excel melakukan penghitungan dengan menggunakan nilai desimal, seperti .5, bukannya bilangan pecahan seperti ½; meskipun demikian, jika Anda ingin mengekspresikan beberapa data Anda sebagai bilangan pecahan dan bukan nilai desimal, Anda bisa melakukannya dengan mengubah format cell menjadi Fraction.

Untuk format tanggal, jika pengaturan regional komputer Anda seperti U.S. dan mengetikan 2/3 pada cell dan menekan [ENTER], maka Excel akan mengenali teks sebagai tanggal 3 bulan Februari, namun jika pangaturan regional komputer Anda seperti Indonesia atau U.K dan negara lainnya, maka akan mengenalinya sebagai tanggal 2 bulan Maret.

Anda bisa memilih format tanggal yang Anda inginkan dengan memilih cell yang berisi tanggal, klik pada tab Home di Ribbon, lalu klik Number pada kotak dialog untuk menampilkan tab Number dari kotak dialog Format Cells. Di dalam kotak dialog, klik Date pada daftar kategori. Format tanggal yang tersedia ditampilkan di sisi kanan, dan Anda bisa memilihnya, lalu klik OK.

Memilih berbagai format angka yang tersedia akan mengubah bagaimana data akan ditampilkan pada cell tapi tidak mengubah nilainya. Jika Anda ingin nilai numerik pada cell ditampilkan sebagai bilangan pecahan, klik tab Number, klik kategori Fraction, tentukan tipe bilangan pecahan, lalu klik OK.


Artikel terkait:
Advertisement