Cara Memasukkan Data Dengan Menggunakan AutoComplete Dan Pick From Drop-Down List Di Excel 2013

Advertisement
Excel memberikan Anda banyak cara untuk memasukkan data dengan cepat. Semakin sedikit waktu yang Anda butuhkan untuk memasukkan data semakin produktif pekerjaan Anda. Excel menawarkan kepada Anda ketika memasukkan data dengan cara mengenali apakah beberapa karakter yang Anda masukkan cocok dengan teks yang ada pada cell lain di kolom yang sama. Jika cocok, maka Excel akan menawarkan untuk melengkapi sisa teks yang ada. Jika itu adalah teks yang Anda inginkan, Anda bisa menyetujuinya, jika tidak, tinggalkan saran dari AutoComplete dan lanjutkan mengetikkan data hingga selesai.

Cara lainnya adalah dengan mengambil nilai dari sebuah daftar nilai yang sudah ada pada kolom, yaitu dengan menggunakan Pick From Drop-Down List. Teknik ini tidaklah penting untuk Worksheet yang kecil, tapi ketika Anda bekerja dengan banyak halaman data, dengan melihat daftar nilai yang sudah ada, pekerjaan Anda menjadi lebih cepat dan produktif.

Cara memasukkan data dengan menggunakan AutoComplete:

  1. Masukkan entry sebagai permulaan.
  2. Tekan [TAB] untuk menyetujui nilai yang diberikan oleh AutoComplete.


Cara memasukkan data menggunakan Pick From Drop-Down List:

  1. Klik kanan sebuah cell pada kolom yang sudah ada data-datanya, lalu klik Pick From Drop-Down List dari menu shortcut.
  2. Klik item pada daftar yang ingin Anda masukkan.
Tips & Trik:
  • AutoComplete bekerja hanya jika teks atau data yang Anda masukkan mirip dengan teks yang sudah ada pada kolom yang sama.
  • Anda juga bisa menampilkan item Pick From Drop-Down List dengan cara memilih cell yang akan Anda berikan nilai, lalu tekan [ALT + tanda-panah-kebawah]

Artikel terkait:
Advertisement