Tutorial Belajar Microsoft Excel 2013

Advertisement
Tutorial Belajar Microsoft Excel 2013
Halaman ini berisi tentang semua artikel tutorial Microsoft Excel 2013 yang ada di situs ini. Kami cantumkan semuanya disini agar Anda tidak kesulitan mencari artikel yang Anda butuhkan, sehingga meminimalkan (bahkan tidak perlu lagi) Anda untuk menggunakan fitur pencarian di situs kami.


Apa yang baru di Excel 2013:


Pada bagian ini akan dijelaskan perubahan fitur-fitur dan fitur baru di Excel 2013, menggunakan Excel 2013 di Windows 8, menganalisis data dengan menggunakan tool Quick Analysis, memasukkan data secara cepat dengan menggunakan Flash Fill, membuat chart, memformat chart dengan menggunakan tool pemformatan baru, memfilter tabel Excel menggunakan Slicer, membuat PivotTable, dan mengedit Workbook di SkyDrive dan Excel Web App.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas hal-hal tersebut:

Memulai Excel 2013:


Microsoft Excel 2013 didesain untuk membantu Anda dalam menyimpan, meringkas, dan menyajikan data yang relevan dengan bisnis atau pekerjaan pribadi Anda. Anda bisa membuat spreadsheet untuk mencatat produk dan penjualan, atau mencatat investasi pribadi Anda. Tergantung dengan penggunaan spesifik Anda, Excel merupakan program serba guna yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan dan menerima data dengan cepat.

Bekerja dengan Excel sangatlah mudah. Program ini memiliki sejumlah format Workbook bawaan yang bisa Anda gunakan untuk berbagai tugas seperti mencatat jam kerja atau menghitung pembayaran pinjaman, tapi Anda juga bebas membuat dan memformat Workbook mulai dari awal, memberikan Anda fleksibilitas dalam membangun Workbook yang Anda perlukan.

Pada bagian ini akan dibahas secara dasar: bagaimana memulai Excel dan menutupnya, bagaimana membuka perintah Excel, bagaimana mengubah ukuran dan tampilan jendela Excel, dan bagaimana mendapatkan bantuan dari program.

Berikut ini artikel-artikel yang bisa Anda pelajari pada bagian ini:

Membuat Workbook:


Satu kekuatan yang sesungguhnya dari Excel 2013 adalah bahwa program ini memudahkan Anda untuk memasukkan sejumlah besar data. Ketika Anda mengetikkan teks, Excel akan mengingat apa yang Anda masukkan pada cell-cell sebelumnya pada kolom yang sama dan akan menawarkan untuk melengkapi entry tersebut. Memasukkan serangkaian angka, tanggal, atau hari juga bisa dilakukan dengan cepat. Jika Anda ingin memasukkan serangkaian panjang angka, tanggal, atau hari, Anda bisa mengetikkan satu atau dua nilai dan biarkan Excel mengisi serangkaian nilai-nilai sisanya. Teknik ini, jika dikombinasikan dengan pemformatan dan kemampuan Excel lainnya, proses memasukkan data jadilah begitu mudah.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana membangun sebuah Workbook:

Mengatur Worksheet:


Setelah Anda membangun Workbook Anda, Anda bisa mengelolanya sesuai keperluan. Jika Anda sering menggunakan data yang ada pada Worksheet tertentu, Anda bisa memindahkan Worksheet tersebut ke bagian depan dari Workbook. Jika Anda sering beralih diantara dua Worksheet, Anda bisa meletakkan tab Sheet saling bersebelahan sehingga Anda tidak membuang terlalu banyak waktu hanya untuk beralih antar Worksheet. Salah satu cara menghemat waktu lainnya adalah dengan memformat beberapa cell pada beberapa Woorksheet secara bersamaan.

Anda bisa mengubah bagaimana Excel menampilkan data Anda pada Workbook. Jika Anda memiliki serangkaian heading pada baris pertama sebuah Worksheet, Anda bisa membekukan heading tersebut sehingga ketika Anda scroll/menggulung kebawah Anda tidak kehilangan informasi yang ditunjukkan oleh heading tersebut.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengelola Worksheet Excel:

Formula dan fungsi:


Workbook Microsoft Excel 2013 bisa Anda gunakann lebih dari sekedar menyimpan dan mengelola data. Salah satu hal penting yang bisa Anda lakukan di Excel adalah meringkas nilai pada cell yang saling berkaitan. Apakah itu data penjualan, investasi pribadi, Anda bisa menghitung nilai total dan rata-rata, menentukan nilai maksimal dan minimal, atau melakukan kalkulasi rumit lainnya.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan formula dan fungsi:

Memformat cell:


Microsoft Excel 2013 membantu Anda mengelola sejumlah besar data dengan mudah. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah Anda mengelola data adalah dengan mengubah bagaimana program menampilkan data pada Worksheet Anda. Misalnya, Anda bisa mengubah ukuran karakter yang ditampilkan pada cell, menambahkan warna untuk menonjolkan cell penting, atau mengubah orientasi teks di dalam cell. Excel 2013 juga memungkinkan Anda untuk mengubah format cell berdasarkan konten cell dengan menggunakan format kondisional, termasuk skala warna, bar data, dan set icon.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana memformat cell:

Memformat Worksheet:


Microsoft Excel 2013 memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan dan struktur Worksheet untuk menampilkan data secara efektif. Anda bisa membuat baris dan kolom di sekeliling data Anda lebih lebar atau tinggi. Anda juga bisa memindahkan keseluruhan baris atau kolom ke lokasi lain pada Workbook. Anda juga bisa mengubah warna tab Sheet sehingga terlihat lebih mencolok untuk menandai bahwa itu merupakan Worksheet yang penting di dalam Workbook.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana memformat Worksheet:

Mencetak Worksheet:


Setelah Anda membuat Worksheet, Anda bisa mencetaknya untuk referensi, untuk backup, atau untuk didistribusikan ke rekan-kerja Anda. Meskipun Anda mungkin cenderung untuk segera mencetak Worksheet setelah melengkapi data-datanya, sangatlah direkomendasikan untuk memeriksanya kembali. Untuk mengetahui bagaimana Worksheet akan dicetak pada kertas, Anda bisa menampilkan Worksheet pada Backstage View. Jika Anda ingin mengubah bagaimana Worksheet ditampilkan pada halaman cetak, Anda bisa mengubah orientasi cetak (Portrait atau Landscape) untuk menyesuaikan Worksheet dengan jumlah halaman tertentu. Sangatlah mudah mengatur margin, header dan footer, dan mengubah opsi-opsi cetak lainya.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mencetak Worksheet:

Memodifikasi Excel:


Cara lain untuk memudahkan pekerjaan Anda adalah dengan membuat template. Template adalah sebuah Workbook yang Anda gunakan sebagai pola untuk Workbook lain. Ketika Anda membuka template, Anda akan memiliki gambaran besar yang Anda perlukan untuk membuat Workbook dengan cepat.

Anda juga memiliki kontrol bagaimana Excel akan menangani data yang Anda masukkan pada Worksheet. Excel akan mengenali kesalahan formula dan juga kesalahan ejaan. Excel akan mengenali dan memperbaiki kesalahan ejaan umum, tapi jika ada sebuah kata yang dikenali oleh Excel sebagai salah ejaan padahal sebenarnya benar, Anda bisa mencegah Excel melakukan perubahan tanpa harus mematikan perilaku korektif secara keseluruhan.

Microsoft Excel 2013 memberikan Anda banyak cara untuk bekerja dengan data, dengan ratusan perintah yang bisa Anda gunakan. Jika Anda menemukan perintah yang sering Anda gunakan namun untuk mengaksesnya membutuhkan beberapa klik, Anda bisa menempatkanya pada Quick Access Toolbar sehingga Anda bisa menggunakannya hanya dengan sekali klik saja. Excel 2013 juga memungkinkan Anda untuk membuat tab kustom baru pada Ribon.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengubah Excel untuk menyesuaikan dengan pekerjan Anda:

Menyortir dan memfilter data:


Setelah Anda menambahkan data padaa Worksheet, Anda bisa mengubah susunan baris Worksheet yang ditampilkan. Anda juga bisa menyembunyikan baris yang tidak memenuhi kriteria Anda, yang biasanya sangat berguna ketika Anda bekerja dengan data yang sangat besar.

Seperti halnya Anda bisa mengubah atau membatasi bagaimana Worksheet Anda ditampilkan, Anda juga bisa mengontrol data seperti apa yang bisa dimasukkan pada Worksheet. Dengan mengatur rule validasi untuk sekelompok cell, Anda bisa memeriksa setiap nilai, dan jika nilai yang dimasukkan tidak sesuai dengan rentang yang telah ditentukan, Anda bisa menampilkan pesan error yang menginformasikan bahwa data yang dimasukkan salah dan memberitahu data apa yang seharusnya dimasukkan.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana memfilter dan menyortir data pada Worksheet:

Meringkas data menggunakan grafik:


Microsoft Excel 2013 memberikan Anda banyak cara untuk mengubah bagaimana data numerik akan ditampilkan. Anda bisa mengubah warna atau huruf dari data yang ingin Anda tekankan, membuat label Anda lebih tebal untuk memisahkan dari data yang ada, dan menambahkan grafis untuk menunjukkan identitas perusahaan/organisasi Anda. Anda bisa menggunakan total dan subtotal untuk meringkas data Anda, memudahkan Anda untuk membandingkan nilai data.

Batasan bekerja menggunakan angka, bahkan dalam ringkasan, adalah sulitnya melacak beberapa angka pada satu waktu. Jika Anda ingin menyajikan data ke rekan kerja atau investor yang kurang familier dengan bisnis Anda, Anda bisa menggunakan grafik/chart untuk meringkas data Anda secara visual. Dengan meringkas data Anda menggunakan grafik, data Anda akan lebih mudah dipahami pola dan relasinya.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana meringkas data secara visual menggunakan grafik/chart:

Menambahkan gambar:


Ketika Anda membuat sebuah Worksheet, Pertimbangan pertama kali adalah memastikan bahwa data sudah disimpan pada format yang bisa dipahami dan semua formula menghasilkan hasil yang benar. Namun, setelah Anda mengatur struktur Worksheet, Anda juga harus memastikan bahwa Anda dan orang lain yang membaca data bisa memahami data dengan mudah. Salah satu cara agar Anda dan orang lain mudah memahami data pada Worksheet adalah dengan menambahkan objek gambar seperti kotak, bintang, dan banner, untuk menguatkan label dan penjelasan-penjelasan yang telah Anda.

Cara lain untuk menyajikan data pada Worksheet Excel adalah dengan membuat diagram. Di Excel, diagram mencakup item bisnis secara umum seperti diagram Venn yang menampilkan titik potong beberapa set data, dan bagan organisasi yang mendeskripsikan hirarki perusahaan atau organisasi.

Berikut ini adalah artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan gambar untuk meningkatkan penyajian data di dalam Worksheet:

Berbagi data dengan program lain:


Microsoft Excel 2013 merupakan program yang powerful, tapi bukan berarti bisa melakukan apapun. Program-program Microsoft Office 2013 lainnya memiliki kekuatan pelengkap: Microsoft Access 2013 ideal untuk bekerja dengan koleksi data yang sangat besar; Microsoft PowerPoint 2013 memungkinkan Anda membuat presentasi yang atraktif dalam bentuk cetak atau presentasi pada layar; dan Microsoft Word 2013 sangat bagus untuk membuat dokumen teks. Anda bisa menyertakan file yang dibuat pada program lain ke dalam Workbook Excel atau membuat link yang menghubungkan ke file tersebut. Dan juga, jika rekan kerja Anda menggunakan program database atau spreadsheet yang bisa menuliskan datanya pada file teks, Anda bisa membawa data-data tersebut ke dalam Excel.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana melakukan sharing data Excel dengan program-program lain:

Bekerja dengan kelompok:


Meskipun mungkin hanya seseorang yang diberi tanggung jawab untuk mengelola data finansial perusahaan dan informasi yang terkait dengannya, biasanya ada sekelompok orang-orang yang memasukkan data ke dalam Workbook atau melakukan input untuk data-data berikutnya. Anda dan rekan kerja Anda bisa menambahkan komentar ke Workbook untuk mendeskripsikan konten dan untuk memberikan pandangan tentang bagaimana nilai-nilai data tertentu berasal. Jika Anda dan rekan kerja Anda ingin membuka dan mengedit Workbook pada waktu yang bersamaan tapi berbeda komputer, Anda bisa melakukan sharing Workbook sehingga beberapa orang bisa membuka Workbook pada waktu yang bersamaan. Anda bisa memantau setiap perubahan yang dilakukan rekan kerja Anda dan menerima atau menolak perubahan-perubahan tersebut untuk mendapatkan hasil akhir dari Workbook.

Microsoft Excel 2013 juga memanfaatkan penuh XML (Extensible Markup Language). XML adalah sebuah bahasa markup konten, yang artinya sebuah file XML memiliki informasi tentang data yang ada di dalamnya, tidak hanya bagaimana data harus ditampilkan. Anda juga bisa menyimpan Workbook Excel sebagai file Strict Open XML Spreadsheet, yang artinya bahwa data Excel Anda bisa dibaca oleh berbagai program lain, bukan hanya program yang terdaftar pada kotak dialog Save As di daftar drop-down Save As Type.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana bekerja bersama kelompok menggunakan Excel:
Advertisement