Cara Memformat Dan Menyelaraskan (Align) Konten Placeholder Di PowerPoint 2013

Advertisement
Jika Anda memilih keseluruhan placeholder, seperti dengan menggunakan panel Selection, Anda bisa mengupdate pemformatan placeholder dan kontennya. Misalnya, Anda bisa mengubah penyelarasan teks di dalam placeholder, menambahkan border, dan memberi warna placeholder.

Cara menyelaraskan (Align) konten placeholder:

  1. Klik placeholder yang berisi teks yang ingin Anda atur penyelarasan teksnya.
  2. Jika Anda hanya ingin menyelaraskan satu baris teks, pilih teks pada baris tertentu di dalam placeholder.
  3. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik tombol penyelarasan yang Anda inginkan.

Cara memformat placeholder:

  1. Klik-kanan pada perbatasan/border placeholder, lalu pilih Format Shape pada menu yang ditampilkan. Panel Format Picture ditampilkan. Perhatikan, ketika Anda klik-kanan, Anda bisa menggunakan tombol Style, Fill, atau Outline yang ditampilkan selain tombol Format Shape.
  2. Pada panel Format Picture, klik Fill. Anda juga bisa klik Line untuk melihat opsinya, atau icon kategori lainnya yang ada di bagian atas panel untuk mencari pengaturan pemformatan lainnya.
  3. Untuk mengatur Fill atau pemformatan lainnya, gunakan pengaturan yang ditampilkan. Pengaturan apapun yang Anda pilih, previewnya ditampilkan pada placeholder.
  4. Klik tombol Close untuk menerapkan pengaturan baru Anda.
Tips & Trik:
  • Theme yang Anda gunakan untuk slide sudah memiliki keseimbangan desain pada elemen yang ada di dalam halaman. Jika Anda mengubah penyelarasan teks secara manual, pastikan bahwa teks tersebut sudah seimbang dengan elemen-elemen lainnya di dalam slide.
  • Jangan terlalu banyak menambahkan efek pada placeholder, terutama jika slide Anda berisi banyak gambar dan teks. Biarkan teks menjadi elemen terpenting pada setiap slide untuk memastikan pesan presentasi Anda tersampaikan.
  • Setelah Anda menerapkan warna Fill ke placeholder, cara tercepat mengganti warna tersebut adalah dengan memilih placeholder, klik tombol Shape Fill yang ada pada tab kontekstual Drawing Tools | Format, lalu pilih warna baru.

Artikel terkait:
Advertisement