Cara Memasukkan, Cut, Copy, Dan Paste Teks Pada Slide Di PowerPoint 2013

Advertisement
Setelah Anda memasukkan slide baru dan memilih layoutnya, Anda bisa mulai memasukkan teks pada slide tersebut di Normal View. Untuk berpindah ke slide lainnya, pada panel thumbnail di sebelah kiri, klik thumbnail slide yang sesuai. Jika placeholder kosong belum ada teksnya, yang ditampilkan hanya contoh teks seperti "Click To Add Title", Anda bisa klik pada placeholder tersebut dan mulai mengetikkan teks. Cara cepat untuk menambahkan teks ke placeholder adalah dengan cara Copy/Cut dan Paste teks dari slide atau presentasi lain. Jika placeholder sudah berisi teks, Anda juga bisa mengeditnya sesuai kebutuhan.

Cara memasukkan teks ke slide:

  1. Klik pada placeholder title.
  2. Ketikkan teks Anda. Jika sudah selesai mengetik, klik dimana saja diluar placeholder.
  3. Klik placeholder konten, ketikkan satu baris teks, lalu tekan tombol keyboard [ENTER]. Ulangi lagi langkah tersebut untuk menambahkan beberapa baris teks. PowerPoint menambahkan bullet secara otomatis jika diminta oleh Slide Master untuk theme yang diterapkan pada presentasi.

Cara Cut, Copy, dan Paste teks ke slide:

  1. Klik pada placeholder yang ingin Anda salin, atau Drag/tarik untuk memilih teks di dalam placeholder jika Anda hanya ingin menyalin teksnya saja (buka placeholder).
  2. Pada Ribbon, klik tab Home.
  3. Pada grup Clipboard, klik Cut atau Copy.
  4. Klik lokasi dimana Anda ingin meletakkan teks.
  5. Klik Paste. Tombol Paste Options ditampilkan. Anda bisa tekan tombol keyboard [ESC] untuk menutupnya jika Anda tidak membutuhkan opsi pemformatannya.
Tips & Trik:
  • Anda bisa mengubah style bullet yang dimasukkan pada placeholder konten. Caranya: pada tab Home, di grup Paragraph, klik tanda-panah-ke-bawah pada tombol Bullets, lalu pilih style lain pada galeri yang ditampilkan, atau klik Bullets And Numbering yang ada pada bagian bawah galeri untuk mengatur dan menyesuaikan style bullet.
  • Jika Anda klik tanda-panah-ke-bawah pada tombol Paste Options, Anda bisa memilih untuk tetap menggunakan format asli teks yang disalin, menggunakan format tujuan, atau menyalin teks dengan format special.
  • Anda tidak terbatas hanya Cut dan Copy teks pada slide yang sama. Anda bisa Cut dan Copy teks dari slide lain dalam presentasi yang sama, atau bahkan dari file presentasi lain. Gunakan Taskbar Windows atau tombol Switch Windows yang ada di grup Window pada tab View untuk berpindah antar file presentasi yang terbuka.

Artikel terkait:
Advertisement