Cara Mengubah Opsi Default Database Access 2013

Advertisement
Opsi database memungkinkan Anda untuk membuat pilihan dasar untuk mengatur bagaimana Anda berinteraksi dengan database, apa yang bisa Anda lakukan dengannya, dan bagaimana data disajikan. Jika Anda menerima aplikasi dari sumber lain atau membangun template yang menyertakan kode program aplikasi, ada juga beberapa pertimbangan khusus dalam pengaturan ini.

Karena Macro bisa disusupkan dalam aplikasi jahat. Microsoft secara default menonaktifkan eksekusinya. Namun, dalam aplikasi yang dipercaya (Trusted Applications), Anda bisa mengaktifkannya. Kebanyakan developer akan memilih untuk menonaktikan lokasi yang dipercaya (Trusted Locations) dan mengaktifkan eksekusi Macro sehingga aplikasi mereka bisa digunakan.

Cara mengubah opsi default database:

  1. Untuk mengizinkan eksekusi Macro ketika membuka sebuah database, klik Enable Content.
  2. Untuk mengubah opsi default database, klik tab File.
  3. Klik Options.
  4. Klik Current Database.
  5. Ketikkan judul untuk aplikasi Anda pada kotak teks Application Title.
  6. Pilih salah satu opsi Overlapping Windows atau Tabbed Documents pada bagian Document Window Options. Setidaknya Anda mencoba kedua opsi tersebut untuk melihat layout mana yang sesuai untuk Anda.
  7. Klik Trust Center.
  8. Klik Trust Center Settings.
  9. Klik Macro Settings.
  10. Untuk mengaktifkan semua fitur Macro, pilih check box Enable All Macros, lalu klik OK.
  11. Klik Trusted locations.
  12. Untuk menonaktifkan lokasi yang dipercaya (Trusted Locations) ketika membuka sebuah aplikasi, pilih check box Disable All Trusted Locations.
  13. Klik OK untuk menutup jendela Trust Center, klik OK untuk menutup jendela Access Options, lalu tutup dan buka lagi database Anda.
Tips & Trik:
  • Jika Anda sudah klik tombol Enable Content, ketika Anda membuka database tersebut di lain waktu Anda tidak perlu melakukannya lagi. Namun, jika Anda menggunakan file system untuk menyalin, mengganti nama, atau memindahkan file ke lokasi lain, Anda akan diminta lagi untuk mengaktifkan kontennya.
  • Ada dua aspek kepercayaan yang bisa Anda atur. Pertama adalah lokasi file (Trusted Locations), dan apakah aplikasi diizinkan untuk mengeksekusi perintah Macro tertentu atau kode pemrograman VBA.

Artikel terkait:
Advertisement