Cara Memfilter Kombinasi Pilihan Menggunakan Filter By Form Di Access 2013

Advertisement
Opsi Filter By Form mirip dengan Advanced Filter/Sort tapi memiliki beberapa bantuan, adanya kotak drop-down untuk memilih nilai data serta menampilkan kategori alternatif di halaman lain.

Cara menggunakan Filter By Form:

  1. Klik Advanced Filter Options yang ada pada Ribbon.
  2. Pilih Filter By Form.
  3. Ketikkan kategori atau pilih nilai dari daftar drop-down.
  4. Gunakan tab Or untuk memasukkan kategori tambahan.
  5. Klik tombol Filter untuk menerapkan filter.

Cara menyimpan filter sebagai query:

  1. Pilih Filter By Form atau Advanced Filter/Sort dari menu Advanced Filter Options.
  2. Klik lagi Advanced Filter Options.
  3. Klik Save As Query.
  4. Ketikkan nama query, lalu klik OK.
Tips & Trik:
  • Teks bisa saja ditampilkan disamping icon di grup Sort & Filter. Teks tersebut juga bisa disembunyikan, tergantung dengan resolusi layar, dan juga tergantung dengan opsi database apakah menggunakan Overlapping Windows atau Tabbed Documents (baca artikelnya disini: Mengubah Opsi Default Database). Anda mungkin juga melihat teks tambahan Toggle Filter disebelah icon tergantung dengan resolusi layar Anda.
  • Ketika Anda memasukkan kategori seperti Minuman, Anda tidak perlu memasukkan tanda-kutip ganda di sekitar teks tersebut ("Minuman") karena Access sudah tahu bahwa itu adalah field teks dan akan menambahkan tanda-kutip ganda secara otomatis. Namun, jika Anda ingin menggunakan karakter spesial, seperti tanda & sebagai bagian dari kategori data, misalnya Makanan & Minuman, maka Anda harus memasukkan tanda-kutip. Jika tidak, Access bisa mengartikan karakter tersebut (&) sebagai operasi dan menghasilkan "Makanan" & "Minuman", yang artinya tidak sama dengan "Makanan & Minuman". Masalah seperti ini biasanya timbul ketika data Anda menggunakan karakter spesial.

Artikel terkait:
Advertisement