Cara Menampilkan Informasi Yang Terkait Dengan SubDatasheet Di Access 2013

Advertisement
Relasi adalah penting untuk menentukan data agar tetap konsisten. Access memiliki fitur otomatis yang memungkinkan Anda untuk menelusuri data yang terkait ketika melihat sebuah Datasheet.

Ketika melihat pada modus Design, sebuah Datasheet (yang juga berlaku untuk tabel dan query), memiliki properti SubDatasheet yang di set [None], atau [Auto], atau bisa diubah untuk merujuk secara eksplisit pada sebuah tabel atau query.

Cara menambah query sebagai SubDatasheet ke sebuah tabel:

  1. Pada Table Design View, klik Property Sheet untuk menampilkan properti tabel.
  2. Pilih query yang akan digunakan sebagai SubDatasheet.
  3. Berikan nilai yang sesuai untuk Link Child Fields dan Link Master Fields. Jika Anda memiliki relasi, mungkin ini sudah diisi secara otomatis.
  4. Klik View, dan simpan perubahan jika diminta.
  5. Buka SubDatasheet.
  6. Coba Klik tombol Totals.
  7. Coba pilih total Sum untuk salah satu kolom.
Tips & Trik:
Sebuah Datasheet bisa menampilkan hanya satu SubDatasheet. Jika relasi menyatakan bahwa lebih dari satu SubDatasheet bisa diterapkan dan properti SubDatasheet di set [Auto], Anda akan diminta untuk memilih SubDatasheet mana yang akan digunakan. Perilaku default Access ketika membuat tabel adalah mengatur properti SubDatasheet menjadi [Auto]. Jika Anda ingin meningkatkan performa dan tidak ingin menggunakan fitur ini, atur menjadi [None].

Artikel terkait:
Advertisement