Cara Membuat BorderArt Di Publisher 2013

Advertisement
Anda bisa klik-kanan pada objek gambar, Clip Art, atau tabel, lalu memilih perintah format untuk membuka kotak dialog yang menyediakan opsi-opsi untuk memformat objek tersebut. Hal yang sama, Anda juga bisa klik-kanan pada text box yang ada di dalam publikasi lalu klik Format Text Box untuk membuka kotak dialog Format Text Box (lihat gambar dibawah). Anda bisa menggunakan tab-tab yang ada pada kotak dialog tersebut untuk memformat text box. Selain itu, Anda juga bisa klik tombol BorderArt yang ada pada tab Colors And Lines untuk membuka kotak dialog BorderArt.
BorderArt akan mengganti border biasa (garis perbatasan) dengan gambar kecil. Pilihan bentuk gambar bervariasi mulai dari yang berbentuk geometri yang mengesankan formal sampai yang dekoratif yang mengesankan suasana menyenangkan seperti "binatang kepik" atau "permen jagung". Desain BorderArt yang tersedia cocok untuk segala kondisi, membuatnya ideal untuk digunakan pada semua jenis publikasi, termasuk undangan dan kartu ucapan selamat.

Cara membuat BorderArt:

  1. Klik-kanan pada text box, klik Format Text box, lalu klik tombol BorderArt yang ada pada tab Colors And Lines pada kotak dialog Format Text Box.
  2. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah, Anda bisa melihat preview setiap border dengan cara memilihnya pada daftar Available Borders yang ada di sisi kiri kotak dialog. Desain border ditampilkan pada area Preview di sebelah kanan menggunakan pengaturan defaultnya. Pilih border yang ingin Anda gunakan.
  3. Secara default, Publisher membentangkan gambar border untuk mengisi area border. Jika Anda ingin menonaktifkan fitur ini, klik opsi Don't Stretch Picture yang ada di dekat sudut kanan bawah kotak dialog tersebut.
  4. Setiap gambar border memiliki ukuran sendiri, yang ditampilkan pada preview. Jika Anda ingin mengontrol lebar border, kosongkan check box Always Apply At Default Size.
  5. Jika Anda sudah selesai mengatur BorderArt, klik OK untuk menutup kotak dialog BorderArt dan kembali ke kotak dialog Format Text Box. Ubah entri Width yang ada pada tab Colors And Line untuk mengatur lebarnya jika diperlukan. Anda juga bisa mengatur warna border pada area Line, tapi Anda mungkin tidak perlu melakukannya jika tampilan BorderArt aslinya sudah bagus. Klik OK untuk menutup kotak dialog dan menerapkan BorderArt yang telah Anda atur.
Selain menggunakan desain BorderArt yang sudah ada, Anda juga bisa membuat BorderArt sendiri menggunakan gambar yang disimpan pada hard disk Anda atau menggunakan Clip Art yang ada.

Cara membuat Custom BorderArt:

  1. Klik tombol Create Custom yang ada pada kotak dialog BorderArt.
  2. Klik Select Picture pada kotak dialog Create Custom Border.
  3. Gunakan jendela Insert Pictures yang ditampilkan untuk memilih gambar dari komputer, mencari Clip Art dari Office.com, atau memilih file dari akun SkyDrive Anda, lalu klik Insert.
  4. Publisher akan mengubah gambar tersebut menjadi border. Ketikkan nama untuk border baru tersebut pada kotak dialog Name Custom Border, lalu klik OK.
  5. Border baru sekarang ditampilkan pada daftar Available Borders pada kotak dialog BorderArt.
Tips & Trik:
  • Untuk membuat teks berada di tengah-tengah secara horizontal dan vertikal, pilih text box, klik tab Format pada tab kontekstual Text Box Tools, lalu klik tombol Align Center yang ada di grup Alignment.
  • Untuk hasil yang sempurna ketika membuat Custom BorderArt, pilihlah gambar yang kecil dan sederhana.

Artikel terkait:
Advertisement