Cara Membuat Dan Menghapus Drop Cap Di Publisher 2013

Advertisement
Memformat huruf atau kata pertama dari sebuah paragraf sebagai Drop Cap akan menarik perhatian ke tempat tersebut dalam publikasi Anda. Mengatur huruf atau kata sebagai Drop Cap akan meningkatkan ukurannya, menyebabkan berdiri diatas baris pertama teks atau beberapa teks baris pertama akan mengelilinginya. Style Drop Cap yang Anda pilih mungkin menggunakan warna yang kontras atau pemformatan teks lainnya untuk memberikan hasil yang menarik.

Cara membuat Drop Cap:

  1. Pilih text box lalu klik paragrah yang ingin Anda tambahkan Drop Cap.
  2. Klik tab Format yang ada pada tab kontekstual Text Box Tools, lalu klik Drop Cap yang ada di grup Typography. Galeri Drop Cap akan ditampilkan. Jika layar komputer Anda menggunakan resolusi rendah, Anda mungkin harus klik tombol Typography, baru kemudian klik Drop Cap, seperti pada gambar dibawah ini.
  3. Arahkan pointer mouse keatas style Drop Cap, dan preview akan ditampilkan pada dokumen seperti yang ditunjukkan oleh gambar diatas.
  4. Klik salah satu style Drop Cap yang Anda inginkan untuk menerapkannya.
Jika style yang ada di galeri Drop Cap tidak ada yang menarik buat Anda, Anda bisa membuat Drop Cap sendiri melalui kotak dialog Drop Cap yang bisa Anda akses dengan cara klik Custom Drop Cap yang ada di bagian bawah galeri Drop Cap.

Cara membuat Custom Drop Cap:

  1. Pilih text box lalu klik paragrah yang ingin Anda tambahkan Drop Cap.
  2. Klik tab Format yang ada pada tab kontekstual Text Box Tools, klik Drop Cap yang ada di grup Typography, lalu klik Custom Drop Cap yang ada di bagian bawah galeri Drop Cap yang ditampilkan. Kotak dialog Drop Cap akan ditampilkan.
  3. Atur posisi dan ukuran huruf serta tampilannya menggunakan opsi-opsi yang ada. Anda bisa melihat previewnya di sisi kanan kotak dialog tersebut.
  4. Klik OK untuk menerapkan style Drop Cap yang telah Anda buat.
Jika setelah menambahkan Drop Cap ternyata publikasi Anda malah terlihat membosankan, Anda pun bisa menghapusnya.

Cara menghapus Drop Cap:

  1. Pilih text box yang di dalamnya terdapat efek Drop Cap yang ingin Anda hapus.
  2. Klik tab Format yang ada pada tab kontekstual Text Box Tools.
  3. Klik Drop Cap yang ada di grup Typography.
  4. Klik No Drop Cap (opsi yang ada di bagian kiri atas pada galeri Drop Cap yang ditampilkan).

Artikel terkait:
Advertisement