Cara Mengubah Ukuran Dan Memutar Gambar Atau Objek (Shape) Di Excel 2013

Advertisement
Setelah Anda menambahkan gambar atau Shape pada Worksheet, Anda bisa mengubah ukuran objek tersebut. Anda juga bisa memutar objek untuk mengubah orientasinya pada halaman.

Cara mengubah ukuran objek Shape atau gambar:

  1. Klik pada objek yang ingin Anda ubah ukurannya.
  2. Hover/layangkan pointer mouse diatas salah satu handle putih di sekeliling objek, lalu drag/tarik handle tersebut untuk mengubah ukurannya.

Cara memutar objek Shape atau gambar:

  1. Klik pada objek yang ingin Anda putar.
  2. Klik tab Format.
  3. Ikuti instruksi berikut:
    • Pada grup Arrange, klik Rotate, lalu pilih bagaimana Anda akan memutar objek.
    • Hover/layangkan pointer mouse diatas handle (tanda-panah bulat putih), lalu drag/tarik handle tersebut untuk memutar objek ke sudut yang Anda inginkan.
Tips & Trik:
  • Beberapa Shape, seperti Trapezoids memiliki kontrol ukuran seperti tanda-berlian-kuning dekat salah satu sisi Shape. Anda bisa drag/tarik tanda-berlian-kuning tersebut untuk mengatur panjang salah satu sisi Shape.
  • Ketika Anda memilih sebuah objek, ukuran objek Anda ditampilkan pada grup Size pada tab Format di Ribbon. Jika Anda ingin mengubah ukuran objek Anda ke ukuran yang spesifik (tanpa melakukan drag/tarik handle secara manual), Anda bisa mengetikkan nilai ukuran secara langsung pada field yang disediakan. Anda juga bisa klik kontrol yang ada pada sisi kanan field untuk menaikkan atau menurunkan dimensi ukuran 0.1 inci per kliknya.

Artikel terkait:
Advertisement