Cara Menyelaraskan Dan Menggabungkan Objek (Shape) Di Excel 2013

Advertisement
Salah satu elemen desain penting adalah memastikan bahwa setiap objek yang Anda tambahkan pada Worksheet sudah diselaraskan dengan benar, baik dengan sisi Worksheet, maupun dengan objek lainnya. Jika Anda ingin sejumlah objek Anda diselaraskan dengan objek lainnya, seperti menyelaraskan semua objek dengan sisi kiri halaman, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Jika Anda bekerja dengan sekelompok objek sebagai satu unit tunggal, misalnya tiga kotak teks yang ingin Anda tampilkan bersamaan pada posisi yang sama, Anda bisa menggabungkan objek tersebut dan bekerja dengannya sebagai objek tunggal.

Cara menyelaraskan objek Shape:

  1. Tekan-tahan tombol keyboard [CTRL], lalu klik beberapa objek yang ingin Anda selaraskan.
  2. Klik tab Format.
  3. Klik Align.
  4. Klik dan pilih bagaimana Anda ingin menyelaraskan objek.

Cara menggabungkan objek Shape:

  1. Tekan-tahan tombol keyboard [CTRL], lalu klik beberapa objek yang ingin Anda gabungkan bersama.
  2. Klik tab Format.
  3. Klik tombol Group.
  4. Klik item menu Group.
Tips & Trik:
  • Untuk memisahkan objek yang telah digabungkan, klik-kanan pada objek gabungan yang ingin Anda pisahkan, lalu klik Group, dan Ungroup. Jika Anda ingin menggabungkan ulang objek yang telah dipisahkan tersebut, klik-kanan pada salah satu objek yang ingin Anda gabungkan ulang, lalu klik Group, dan klik Regroup.
  • Jika Anda ingin menerapkan format yang sama pada beberapa objek, Anda bisa menggabungkan objek, lalu mengaplikasikan format yang sama pada semua objek sekaligus.

Artikel terkait:
Advertisement