Cara Menyiapkan Project Calendar Di Project 2013

Advertisement
Keputusan penting ketika memulai project, sebelum memasukan Task, adalah menentukan jam kerja standar dan hari kerja project serta definisi dari hari tersebut. Beberapa Task di project mungkin harus berjalan diluar hari kerja standar, mungkin malam atau pada akhir pekan. Project memang kebanyakan berjalan pada hari kerja, tapi juga tidak sedikit yang berjalan diluar jam kerja dan beberapa lainnya berjalan secara 24 jam non stop.

Project memiliki tiga kalender dasar. Dan memungkinkan untuk memodifikasinya atau membuat kalender yang baru. Tiga kalender dasar di Project tersebut antara lain: Standard, Night Shift, dan 24 Hours.

Project Calendar menentukan hari apa saja dalam satu minggu organisasi/perusahaan Anda bekerja dan juga jam kerja pada hari tersebut. Secara default, project baru menggunakan kalender Standard sebagai Project Calendar-nya.

Jika project Anda berjalan hanya di hari kerja normal, Anda bisa tetap menggunakan kalender Standard. Jika project Anda berjalan diluar jam kerja normal, Anda harus mengubah Project Calendar ke model kalender lainnya (Night Shift, 24 Hours, atau membuat yang baru). Tiap kalender bisa digunakan sebagai Project Calendar, Resource Calendar, atau Task Calendar. Setelah memilih kalender, Anda mungkin perlu menyesuaikan ulang waktu kerja untuk project Anda.

Waktu yang bukan termasuk jam kerja, seperti hari libur umum dan organisasi/perusahaan, juga disimpan di Project Calendar dan didefiniskan sebagai Exceptions.

Jika jam kerja organisasi/perusahaan Anda 8 jam per hari, 5 hari dalam seminggu (Senin sampai jumat), maka Anda bisa menggunakan kalender Standard dan tidak perlu melakukan perubahan pada kalender tersebut.

Macam-macam kalender di Project 2013:

  • Standard Calendar: Jam kerja Senin sampai Jumat. Tiap harinya dimulai jam 08:00 sampai 17:00, Jam istirahat antara jam 12:00 sampai 13:00. Total jam kerja adalah 8 jam per hari, 40 jam per minggu. Kalender ini biasa digunakan jika project mengikuti jam kerja normal/pada umumnya.
  • Night Shift Calendar: Jam kerja Senin malam sampai Sabtu pagi. Shift pertama dimulai hari Senin malam jam 23:00 sampai 08:00. Jam istirahat 03:00 sampai 04:00. Total jam kerja 8 jam per shift, 40 jam per minggu. Kalender ini digunakan jika project berjalan mulai tengah malam.
  • 24 Hours Calendar: Jam kerjanya adalah setiap hari. Setiap hari diatur 24 jam sebagai jam kerjanya. Kalender ini digunakan jika project berjalan 24 jam nonstop selama 7 hari.

Artikel terkait:
Advertisement