Memahami View, Table, Filter, Dan Group Di Project 2013

Advertisement
Project memberikan banyak cara untuk melihat sebuah jadwal project; cara built-in ini biasa disebut dengan View, dan tiap View terkonsentrasi pada aspek yang berbeda. Anda menggunakan View, Table, Filter dan Group yang berbeda (Sebuah View adalah kombinasi dari Table, Filter dan Group) untuk mengubah cara Project dalam mempresentasikan data. Pada tahapan yang lain di project, Anda akan membutuhkan untuk menggunakan View yang berbeda untuk mengatur project itu sendiri. Misalnya, informasi yang akan Anda presentasikan ke anggota tim akan berbeda dengan informasi yang akan Anda presentasikan ke kustomer.

Anda bisa mengakses View dari tab Task, Resource, dan View, dan karena aktivitas mengakses View yang berbeda-beda merupakan hal yang sering dilakukan, maka mereka ditampilkan berupa tombol besar yang diletakkan di sisi kiri Ribbon.

Ada tiga kategori dasar View:
  1. Task.
  2. Resource.
  3. Assignment.
View berdasarkan Task menampilkan informasi yang berhubungan dengan Task itu sendiri, seperti Task Name, Duration, Start Date, Finish Date, dan lainnya. Selain itu, View berdasarkan Task lebih sering menampilkan representasi Task berupa grafik, seperti Gantt Chart.

View berdasarkan Resource menampilkan informasi yang berhubungan dengan Resource itu sendiri, seperti Resource Name, Resource Type, Standard Rate, dan lainnya.

View berdasarkan Assigment menampilkan informasi yang berhubungan Assignment, seperti Task Name, Task Start Date, Task Finish Date, Resource Name, Assignment Start Date, Assignment Finish Date, dan lainnya.

Tiap View terdiri dari satu atau lebih elemen berikut ini:
  • Table.
  • Group.
  • Filter.
Table ditampilkan di sisi kiri dari vertikal bar dan terdiri dari kumpulan kolom yang berhubungan dengan entitas (Task, Resource, atau Assignment). Table mendefinisikan kolom yang ditampilkan, urutan kolom, lebar kolom, deretan cell, dan lainnya. Project memiliki banyak Table.

Group atau Grouping digunakan untuk mengkombinasikan atau menyusun kembali Task atau Resource berdasarkan kriteria yang spesifik.

Filter digunakan untuk menspesifikkan Task atau Resource mana yang harus ditampilkan atau disorot didalam View.

Project berisi banyak View, Table, Group, dan Filter, serta masing-masing bisa dimodifikasi. Jika Anda ingin memodifikasinya menjadi lebih spesifik, Anda bisa membuatnya sendiri. Tidak semua View berisi Table atau Group. Project memiliki beberapa View bawaan yang memiliki bentuk standar.

Task View:

  • Gantt Chart: Menampilkan kolom Task umum dan Gantt Chart. Digunakan untuk memasukkan Task.
  • Gantt with Timeline: Menampilkan Timeline di bagian atas layar dan Gantt Chart di bagian bawah. Digunakan untuk menempatkan Task pada Timeline. Timeline View bisa di copy ke aplikasi lain.
  • Tracking Gantt: Menampilkan kolom Task umum dan Gantt Chart. Gantt Chart sudah diatur untuk menampilkan Critical Tasks, Baseline, dan progress. Digunakan ketika project dalam proses dan menampilkan perbedaan antara Baseline, Actual, dan Planned Duration.

Resource View:

  • Resource Sheet: Menampilkan kolom Resource umum. Digunakan untuk memasukkan Resource.
  • Team Planner: Digunakan untuk membuat dan melakukan review Assignment, juga menjadwal ulang Task.

Assignment View:

  • Task Usage: Menampilkan tiap Task dan Resource yang ditugaskan untuk Task tersebut. Digunakan untuk melakukan review Assignment dimana Task menjadi fokus utamanya.
  • Resource Usage: Menampilkan tiap Resource dan Task yang ditugaskan untuk Resource tersebut. Digunakan untuk melakukan review Assignment dimana Resource yang menjadi fokus utamanya.

Tips & Trik:
View Team Planner dan Inactive Tasks hanya tersedia di Project versi Professional.

Artikel terkait:
Advertisement