Cara Menambahkan Dan Mengatur Animasi Pada Sebuah Objek Di PowerPoint 2013

Advertisement
Anda bisa menerapkan animasi ke sebuah objek pada slide PowerPoint 2013 Anda, mulai dari Clip Art, gambar, dan placeholder teks. Animasi memiliki efek yang membuat objek tampil-menghilang dari slide di Slide Show View tergantung dengan efek animasinya. Misalnya, Anda bisa memilih heading agar ditampilkan huruf-demi-huruf atau melayang di dalam slide Anda. Anda bisa menggunakan kategori animasi Motion Path untuk membuat objek ditampilkan lalu kemudian berpindah mengikuti path/jalur yang telah Anda tentukan pada slide Anda.

Cara menambahkan efek animasi pada sebuah objek:

  1. Klik pada sebuah objek atau placeholder teks untuk memilihnya.
  2. Klik tab Animations.
  3. Pada grup Advanced Animation, klik Add Animation. Galeri Animation ditampilkan.
  4. Klik pada sebuah efek di dalam galeri untuk menerapkannya.

Cara mengatur animasi:

  1. Tampilkan slide yang memiliki objek yang memiliki efek animasi.
  2. Klik tab Animations.
  3. Pada grup Advanced Animation, klik tombol Animation Pane untuk menampilkan panel Animation.
  4. Pada panel Animation, klik tanda-panah di sisi kanan animasi yang ingin Anda ubah di dalam daftar. Menu pengaturan efek ditampilkan.
  5. Klik salah satu dari tiga pengaturan pertama pada menu tersebut untuk menentukan apakah efek dimainkan ketika Anda klik, bersama dengan animasi sebelumnya, atau setelah animasi sebelumnya.
  6. Klik perintah Effect Options pada menu tersebut untuk membuka kotak dialog efek yang Anda pilih.
  7. Pada tab Effect di kotak dialog, Anda bisa melakukan pengaturan tertentu tergantung dengan efek yang Anda pilih. Misalnya, jika efek Anda menganimasikan teks, daftar drop-down Animate Text memungkinkan Anda untuk memilih animasi per kata atau per huruf.
  8. Klik tab Timing. Pilih pengaturan mulai, durasi, dan apakah efek akan diulang.
  9. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Jika Anda ingin animasi yang sama diterapkan ke semua objek tipe tertentu, terapkan animasi kustom pada Slide Master View.
  • Anda juga bisa menggunakan galeri Animations di grup Animations pada tab Animations untuk menerapkan animasi. Scroll/gulung kebawah galeri Animations atau Add Animations untuk menemukan opsi Motion Path yang bisa Anda gunakan untuk membuat animasi yang menggerakkan/memindahkan objek di dalam slide Anda.
  • Pada kotak dialog Effect Options, jika Anda memilih opsi untuk memulai animasi setelah animasi lainnya dijalankan, pada tab Timing kotak dialog tersebut, Anda bisa menentukan delay/jeda antara dua animasi.
  • Untuk menghapus efek animasi dari objek, pada daftar efek di panel Animation, klik tanda-panah di sebelah animasi, lalu klik Remove.

Artikel terkait: