Cara Mengatur Perpindahan Slide Dan Menerapkan Efek Transisi Di PowerPoint 2013

Advertisement
Anda bisa berpindah dari slide satu ke slide lainnya di dalam presentasi menggunakan beberapa cara, seperti dengan cara klik atau menunggu setelah interval waktu tertentu. Tindakan manual dengan klik mouse memberikan Anda kontrol, tapi menjadikan tangan Anda sibuk ketika presentasi. Sedangkan fitur otomatis sangat berguna, misalnya ketika Anda menampilkan slide show pada situs. Jika Anda membutuhkan kombinasi metode tersebut di dalam presentasi, Anda bisa mengaturnya per slide dengan menggunakan tool yang ada pada tab Animations. Anda juga bisa menerapkan efek ke animasi slide untuk mengontrol arah transisinya.

Cara mengatur perpindahan slide:

  1. Tampilkan slide yang memiliki efek transisi. Pada Ribbon, klik tab Transitions.
  2. Agar perpindahan slide dilakukan secara manual, pada grup Timing, pilih check box On Mouse Click.
  3. Kosongkan check box On Mouse Click agar perpindahan slide dilakukan secara otomatis mengikuti preset waktu tertentu.
  4. Gunakan kotak After untuk mengatur interval waktu. Ketika Anda menjalankan slide show, Anda akan berpindah dari slide satu ke slide berikutnya setelah slide pertama ditampilkan pada interval waktu tertentu.

Cara menerapkan efek transisi:

  1. Tampilkan slide yang memiliki efek transisi. pada Ribbon, klik tab Transitions.
  2. Pada grup Transition To This Slide, klik tombol Effect Options.
  3. Pada daftar drop-down yang ditampilkan, klik sebuah arah transisi untuk menerapkannya ke transisi slide. Preview transisi ditampilkan.
Tips & Trik:
  • Anda bisa mengatur slide show Anda sehingga semua slide berpindah menggunakan metode yang sama. Setelah mengatur perpindahan slide yang telah dijelaskan diatas, pada tab Transitions, di grup Timing, klik Apply To All.
  • Ketika Anda mengatur berbagai opsi, selalu ingat bahwa Anda bisa melihat previewnya menggunakan tombol Preview yang ada di grup Preview pada tab Transitions.

Artikel terkait: