Cara Menambahkan Layout Dan Informasi Footer Ke Slide Master PowerPoint 2013

Advertisement
Pada Slide Master View, Anda bisa bekerja dengan format huruf dan model bullet list, memasukkan teks atau kotak teks, menambahkan gambar, atau menyusun elemen setiap layout slide. Anda bisa melakukan pengeditan tersebut seperti yang bisa Anda lakukan pada Normal View. Namun, setiap perubahan yang Anda lakukan pada Slide Master View hanya akan berdampak pada slide yang menggunakan layout yang telah Anda ubah tersebut. Jika Anda ingin mengubah semua slide kecuali layout Title Slide, lakukan perubahan tersebut ke Master Layout yang ada di bagian atas thumbnail layout.

Dua perubahan dasar yang bisa Anda mulai adalah menambahkan konten footer dan menambahkan layout lain, seperti yang dibahas dibawah ini.

Cara memasukkan informasi footer:

  1. Dengan ditampilkannya Slide Master View, klik pada tengah-tengah placeholder footer untuk memilihnya. Perhatikan bahwa placeholder paling kiri dan paling kanan secara default digunakan untuk tanggal dan nomor halaman.
  2. Masukkan teks pada placeholder tersebut.
  3. Jika Anda ingin memindahkan salah satu dari tiga kotak placeholder footer, Drag/tarik ke lokasi baru pada slide.
  4. Untuk menghapus salah satu dari tiga kotak placeholder footer, pilih placeholder tersebut, lalu tekan tombol keyboard [DELETE].

Cara menambahkan layout:

  1. Dengan ditampilkannya Slide Master View, pada tab Slide Master, di grup Edit Master, klik Insert Layout.
  2. Pada slide Custom Layout baru yang ditampilkan, lakukan perubahan yang Anda inginkan pada layout, misalnya seperti berikut:
    • Pada tab Slide Master, di grup Edit master, klik Insert Placeholder, lalu klik salah satu opsi pada menu untuk memasukkan placeholder baru.
    • Tambahkan gambar atau ubah pemformatan placeholder teks.
    • Pindahkan atau hapus placeholder sesuai kebutuhan.
Tips & Trik:
  • Jika Anda menghapus kotak placeholder kiri atau kanan dengan tanggal dan nomor halaman, Anda bisa menampilkannya lagi dengan cara memilih check box Footer yang ada pada grup Master Layout di tab Slide Master.
  • Jika Anda ingin menampilkan atau mengapus sebuah item dari semua layout slide, gunakan Master Layout. Klik thumbnail Master Layout untuk menampilkannya, lalu pada tab Slide Master klik tombol Master Layout. Pada kotak dialog Master Layout, pilih atau kosongkan check box untuk menampilkan atau menghapus item-item dari semua slide, lalu klik OK.

Artikel terkait:
Advertisement