Cara Membuat Garis Dan Shape Di Publisher 2013

Advertisement
Anda bisa meningkatkan tampilan desain publikasi Anda dengan menggambar sebuah bentuk menggunakan opsi Shapes yang ada di grup Illustrations pada tab Insert. Misalnya, Anda mungkin membuat gambar tanda-panah untuk mengarahkan ke informasi penting, atau menggambar AutoShape di belakang teks judul.

Cara membuat Shape:

  1. Klik tab Insert, lalu klik tombol Shapes yang ada di grup Illustrations.
  2. Klik Shape yang Anda inginkan pada galeri yang ditampilkan. Jika Anda klik tombol AutoShapes, menu akan ditampilkan. Klik pada kategori Shape pada menu tersebut, lalu klik AutoShape yang ingin Anda buat pada submenu yang ditampilkan.

Setelah Anda memilih garis atau Shape, Drag/tarik pada halaman publikasi untuk membuat objek. Ikuti petunjuk berikut ini ketika membuat Shape:
  • Drag/tarik pada arah yang Anda inginkan untuk membuat garis atau tanda-panah. Jika Anda ingin membuat garis lurus secara vertikal, horizontal, atau membentuk sudut 45°, tekan-tahan tombol keyboard [SHIFT] ketika Anda menarik garis tersebut.
  • Drag/tarik secara diagonal untuk membuat oval, persegi panjang, atau bentuk lainnya. Tekan-tahan tombol keyboard [SHIFT] ketika menariknya untuk membuat bentuk yang proporsional, seperti lingkaran atau kotak persegi.
  • Beberapa Shape memiliki handle berwarna kuning ketika dipilih. Anda bisa menggunakan handle ini untuk mengubah bentuk objek tersebut, seperti mengubah bentuk 3 dimensinya.
  • Klik-kanan pada Shape, lalu pilih Format AutoShape untuk menampilkan kotak dialog AutoShape yang bisa Anda gunakan untuk mengubah pengaturan Shape. Anda juga bisa memasukkan gambar ke dalam Shape dengan cara: klik Fill Effects pada bagian Fill yang ada pada tab Color And Lines di dalam kotak dialog tersebut. Klik tab Picture pada kotak dialog Fill Effects yang ditampilkan, lalu klik tombol Select Picture untuk membuka kotak dialog Select Picture. Cari dan pilih gambar yang Anda inginkan, klik Insert, lalu klik OK dua kali untuk mengisi Shape dengan gambar.
  • Klik-kanan pada Shape, lalu klik Add Text untuk menambahkan teks di dalam Shape.
  • Untuk bisa menggunakan kembali Shape yang pernah Anda format, klik-kanan pada Shape, lalu pilih Save As Building Block. Masukkan informasi pada kotak dialog Create New Building Block, lalu klik OK. Untuk bisa menggunakan kembali Shape yang telah Anda simpan tersebut, Ansa bisa mengaksesnya dari tab Insert di grup Building Blocks pada galeri yang telah Anda tentukan ketika menyimpannya.

Artikel terkait:
Advertisement