Cara Merekam Narasi Di PowerPoint 2013

Advertisement
Sangatlah penting agar Anda benar-benar menyiapkan presentasi Anda. Berlatih presentasi memiliki beberapa keuntungan, seperti membantu menemukan masalah ketika menjalankan presentasi Anda, apakah animasi berjalan terlalu lama atau tulisan yang mungkin sulit untuk dibaca. Selain itu, selama berlatih presentasi Anda bisa merekam narasi yang bisa digunakan untuk presentasi yang berjalan sendiri (tanpa pembicara) untuk ditampilkan pada CD/DVD atau stan toko.

Cara merekam narasi:

  1. Sambungkan mikrofon ke komputer Anda jika tidak memiliki mikrofon built-in.
  2. Pada Ribbon, klik tab Slide Show.
  3. Pada grup Set Up, klik tanda-panah-kebawah pada tombol Record Slide Show dan pilih Start Recording From Beginning atau Start Recording From Current Slide. Kotak dialog Record Slide Show ditampilkan.
  4. Pastikan memilih check box Slide And Animation Timings dan Narrations And Laser Pointer, lalu klik tombol Start Recording.
  5. Presentasi dijalankan. Toolbar Recording ditampilkan di pojok-kiri-atas. Navigasikan ke sepanjang presentasi dan baca narasi Anda pada mikrofon.
  6. Untuk menghentikan perekaman, klik tombol Close pada toolbar Recording.
  7. Pada Status Bar, klik tombol Slide Sorter untuk melihat timing yang direkam dan melihat icon narasi pada pojok-kiri-bawah setiap slide.
Tips & Trik:
  • Ketika Anda merekam narasi, Anda memiliki opsi untuk menyimpan timing. Jika Anda melakukannya, timing tersebut bisa digunakan untuk melakukan perpindahan slide berdasarkan kapan narasi untuk setiap slide selesai. Tab Slide Show menyertakan check box Timings yang bisa Anda kosongkan untuk tidak menggunakan timing narasi.
  • Anda bisa menghapus timing yang Anda rekam sebelumnya dengan cara klik tombol Record Slide Show dan memilih Clear. Pada menu yang ditampilkan, Anda bisa menghapus timing atau narasi pada slide tersebut atau semua slide sekaligus.
  • Kualitas suara Anda tergantung dengan mikrofon yang Anda gunakan.

Artikel terkait: