Cara Mengubah Warna Teks Dan Menerapkan Atributnya Di PowerPoint 2013

Advertisement
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di PowerPoint 2013 untuk membuat teks Anda terlihat lebih menarik dan lebih mudah dibaca, seperti mengubah ukurannya, mengubah warnanya, atau menerapkan efek seperti bold, italic, atau underline. Theme desain menerapkan preset ukuran huruf dan warnanya, tapi ketika Anda ingin menyesuaikan teks dengan halaman atau ingin menekankan beberapa teks, kemampuan untuk mengubah ukuran teks sangatlah berguna. Ketika Anda ingin memberikan perhatian pada teks tertentu, mengubah warnanya atau membuatnya menjadi tebal bisa Anda lakukan.

Cara mengubah warna teks:

  1. Pada Ribbon, klik tab Home.
  2. Pilih teks yang ingin Anda format. Pilih keseluruhan placeholder atau beberapa teks yang ada di dalam placeholder.
  3. Pada grup Font, klik tanda-panah drop-down Font Color.
  4. Pada galeri Font Color yang ditampilkan, arahkan pointer mouse Anda keatas warna untuk melihat previewnya pada teks yang Anda pilih.
  5. Pada bagian bawah galeri Font Color, klik opsi More Colors untuk melihat pilihan lainnya. Kotak dialog Colors ditampilkan.
  6. Klik tab Standard atau tab Custom.
  7. Klik sebuah warna. Tab Custom memiliki kontrol warna red-green-blue (RGB). Pada tab tersebut, Anda memiliki lebih banyak pilihan warna, dan bisa menentukan nilai presisi untuk setiap warnanya.
  8. Klik Ok untuk menutup kotak dialog Colors dan menerapkan warna baru.

Cara menerapkan atribut teks:

  1. Pada Ribbon, klik tab Home.
  2. Pilih teks yang ingin Anda format. Pilih keseluruhan placeholder atau beberapa teks yang ada di dalam placeholder.
  3. Pada grup Font, klik tombol berikut ini untuk menerapkan format pada teks yang Anda pilih:
    • Bold
    • Italic
    • Underline
    • Strikethrough
    • Shadow
  4. Klik tanda-panah drop-down pada tombol Character Spacing.
  5. Klik opsi spasi yang Anda inginkan. Opsi yang tersedia mulai dari Very Tight sampai Very Loose. Spasi Very Tight akan membuat huruf saling berdekatan; dan Very Loose akan menjauhkan antar huruf.
Tips & Trik:
  • Jangan menggunakan warna huruf yang terang pada background yang terang, dan sebaliknya jangan menggunakan warna huruf yang gelap pada background yang gelap, karena membuat teks susah untuk dibaca.
  • Anda juga bisa menggunakan mini toolbar yang ditampilkan ketika Anda memilih teks untuk mengubah ukuran huruf dan warnanya atau menerapkan efek.
  • Untuk membuat Custom Character Spacing, klik opsi More Spacing pada daftar Character Spacing. Pada kotak dialog Font yang ditampilkan, di tab Character Spacing, pilih Expanded atau Condensed dari daftar Spacing, lalu tentukan berapa poin spasi tersebut akan diterapkan. Klik OK untuk menyimpan pengaturan baru tersebut.
  • Character Spacing antara sepasang huruf tertentu seperti AW, disebut juga sebagai Kerning. Pada tab Character Spacing di kotak dialog Font, Anda bisa menentukan Kerning yang hanya akan diterapkan pada huruf dengan ukuran tertentu atau yang lebih besar dengan memilih check box Kerning For Fonts lalu pilih ukuran hurufnya.

Artikel terkait: