Cara Mengubah Ukuran Dan Menghapus Objek Di PowerPoint 2013

Advertisement
Ketika Anda memasukkan objek ke dalam PowerPoint 2013, ukurannya mungkin tidak sesuai dengan yang Anda harapkan atau tidak cukup ditampung pada placeholder. Untuk kasus tersebut, Anda bisa mengubah ukurannya menggunakan handle yang ditampilkan ketika Anda klik pada objek tersebut. Dengan drag/menarik handle di sudut akan mengubah ukuran objek dengan tetap mempertahankan proporsinya. Sedangkan drag/menarik handle yang ada di sisi objek akan mengubah ukurannya tapi tidak mempertahankan proporsinya.

Cara mengubah ukuran objek:

  1. Pada panel Slides, klik sebuah objek yang ingin Anda ubah ukurannya.
  2. Drag/tarik handle yang ada di sudut objek ke arah dalam untuk mengecilkan objek atau drag/tarik keluar untuk memperbesarnya.
  3. Untuk mengubah ukuran objek dengan ukuran yang spesifik, klik tab kontekstual Drawing Tools|Format atau Picture Tools|Format.
  4. Pada grup Size, di kotak Shape Height dan Shape Width, tentukan ukurannya.

Cara menghapus objek:

  1. Pada panel Slides, klik sebuah objek yang ingin Anda hapus.
  2. Tekan tombol keyboard [DELETE]. Jika objek berada pada placeholder layout slide, placeholder akan ditampilkan lagi setelah Anda menghapus objek.
Tips & Trik:
  • Jika gambar terlalu besar untuk slide Anda, Anda bisa memotongnya dengan menggunakan tool Crop yang ada di grup Size pada tab kontekstual Picture Tools|Format. Dengan tool ini, Anda bisa menghilangkan bagian yang tidak diperlukan dari gambar Anda tanpa harus mengurangi ukuran gambar.
  • Anda juga bisa menggunakan opsi Cut dan Paste yang ada di grup Clipboard pada tab Home untuk memindahkan gambar dari satu slide ke slide lainnya. Ini bisa menghemat waktu jika gambar Anda merupakan gambar online yang pernah Anda download dan tidak ingin mendownloadnya lagi.

Artikel terkait: