Cara Menghapus Data Yang Tersembunyi Di PowerPoint 2013

Advertisement
Ketika Anda berniat untuk melakukan sharing file presentasi Anda, dengan mempublikasikan secara online atau melalui CD/DVD, Anda harus memastikan bahwa tidak ada data tersembunyi yang juga disertakan. Misalnya, file mungkin berisi informasi pribadi mengenai author atau properti dokumen (metadata) yang tidak ingin Anda sharing. Anda bisa menggunakan fitur Document Inspector di PowerPoint 2013 untuk menghapus informasi-informasi tersebut.

Cara menghapus data yang tersembunyi:

  1. Simpan salinan presentasi Anda dengan nama baru (duplikat dengan nama baru).
  2. Pada Ribbon, klik tab File untuk menampilkan Backstage View.
  3. Klik tab Info.
  4. Pada bagian Info, klik tombol Check For Issues.
  5. Pada daftar drop-down yang ditampilkan, klik Inspect Document. Kotak dialog Document Inspector ditampilkan.
  6. Pilih berbagai check box yang ada untuk memilih konten apa saja yang akan diperiksa.
  7. Klik Inspect.
  8. Klik tombol Remove All yang ditampilkan pada jendela hasil.
  9. Klik Close untuk menyimpan file.
Tips & Trik:
  • Anda memulai menjalankan Document Inspector dengan menyimpan salinan presentasi (menduplikatnya dengan nama baru) karena kebanyakan data yang Anda hapus menggunakan Document inspector tidak akan bisa dikembalikan. Jika Anda tidak menduplikat file terlebih dahulu, sebuah jendela ditampilkan memperingatkan Anda. Data yang dihapus oleh Document Inspector mungkin informasi yang berguna untuk presentasi yang masih Anda kerjakan, seperti tanggal terakhir Anda mengedit presentasi atau konten yang tidak kelihatan pada slide. Bekerja pada salinan presentasi akan menjaga data aslinya tetap ada (pada file aslinya).
  • Jika Anda ingin secara manual mengedit properti presentasi Anda untuk menghapus informasi pribadi, pada Ribbon, klik tab File, pilih Info, lalu klik link/tautan Show All Properties yang ada di kanan-bawah. Hapus data-data pada field-field yang tidak ingin Anda sertakan bersama file.

Artikel terkait:
Advertisement