Cara Menghapus Dan Menyimpan Anotasi Di PowerPoint 2013

Advertisement
Setelah Anda menggunakan pen untuk menulis pada slide di PowerPoint 2013, Anda memiliki dua opsi terhadap anotasi tersebut. Jika Anda sudah tidak membutuhkan anotasi, Anda bisa menggunakan tool Eraser untuk menghapus semua anotasi yang telah Anda tulis, atau Anda bisa menggunakan sebuah perintah untuk menghapus semua anotasi yang telah Anda buat pada slide. Pada akhir presentasi, Anda akan diberikan opsi untuk menyimpan anotasi atau tidak.

Cara menghapus anotasi/catatan pada slide:

  1. Pada Slide Show View, arahkan pointer mouse ke pojok-kiri-bawah slide untuk menampilkan kontrol slide show. Klik tombol Pen.
  2. Pada menu yang ditampilkan, pilih Eraser.
  3. Arahkan pointer mouse ke anotasi yang ingin Anda hapus dan drag/tarik sampai terhapus semuanya.
  4. Untuk menghapus semua anotasi yang ada pada slide, tampilkan kontrol slide show, klik tombol Pen, lalu pilih Erase All Ink On Slides.
  5. Untuk menonaktifkan tool Eraser dan kembali untuk membuat anotasi, tampilkan kontrol slide show, klik tombol Pen, lalu klik model pen. Atau, klik Eraser untuk menonaktifkan Eraser dan berhenti membuat anotasi.

Cara menyimpan anotasi:

  1. Pada Slide Show View, setelah Anda membuat anotasi pada beberapa slide Anda, navigasikan ke akhir presentasi.
  2. Ketika Anda klik untuk mengakhiri presentasi, sebuah kotak pop-up ditampilkan menanyakan apakah Anda ingin menyimpan anotasi.
  3. Klik Keep untuk menyimpan anotasi. Klik Discard jika tidak ingin menyimpannya.
  4. Anotasi yang disimpan ditampilkan pada slide di Normal View.
Tips & Trik:
  • Ada beberapa shortcut untuk mengaktifkan dan menonaktifkan tool-tool ini: untuk mengubah pointer tanda-panah menjadi tool Pen, tekan [CTRL + P]; untuk mengubah dari pointer tanda-panah menjadi tool Eraser. tekan [CTRL + E]; untuk kembali ke pointer tanda-panah, tekan [CTRL + A].
  • Setelah Anda menyimpan anotasi, bahkan ketika Anda kembali ke Slide Show View, Anda tidak bisa menggunakan tool Eraser untuk menghapusnya. Itu karena anotasi telah diubah menjadi sebuah objek yang bisa diubah ukurannya, diputar, dipindah, dan sebagainya, sebagaimana objek lainnya. Untuk menghapusnya dari presentasi Anda pada Normal View, Anda bisa klik anotasi tersebut pada panel Slides dan tekan [DELETE].

Artikel terkait:
Advertisement