Cara Mengatur Susunan Objek Yang Bertumpuk Dan Menggabungkan (Merge) Objek Di PowerPoint 2013

Advertisement
Anda mungkin ingin memiliki beberapa objek pada slide yang saling menumpuk, untuk menghemat ruang atau untuk membuat desain yang menarik. Jika demikian, Anda harus tahu bagaimana mengontrol susunan objek pada halaman, And harus tahu mana objek yang ditampilkan diatas dan mana yang objek yang ditampilkan dibawah objek-objek lainnya. Anda juga bisa menggunakan fitur baru Merge Shape untuk mengkombinasikan shape menjadi objek baru yang berbentuk menarik berdasarkan bagaimana shape-shape tersebut saling menumpuk.

Cara mengatur susunan objek yang saling bertumpuk:

  1. Pada panel Slides, klik pada sebuah objek untuk memilihnya.
  2. Klik tab kontekstual Picture Tools|Format atau Drawing Tools|Format tergantng dengan tipe objek yang Anda pilih.
  3. Pada grup Arrange, klik tombol Bring Forward atau Send Backward untuk memindahkan objek keatas atau kebawah tumpukan objek-pbjek. Jika Anda ingin memindahkan objek langsung ke yang paling atas atau paling bawah dalam tumpukan, klik tanda-panah pada tombol Bring Forward atau Send Backward, lalu pilih Bring To Front atau Send To Back.

Cara menggabungkan (Merge) objek-objek:

  1. Buat dan format beberapa shape atau gambar dan susun menjadi bentuk yang unik dan menarik.
  2. Tekan-tahan tombol keyboard [CTRL] dan klik setiap objek untuk memilih semuanya. Atau, drag/tarik mengelilingi semua objek tersebut untuk memilihnya.
  3. Klik tab kontekstual Drawing Tools|Format.
  4. Pada grup Insert Shapes, klik tombol Merge Shapes lalu arahkan pointer mouse Anda ke berbagai pilihan yang ada untuk melihat previewnya pada shape yang Anda pilih.
  5. Klik salah satu opsi untuk memilihnya.
Tips & Trik:
Anda bisa memberi warna dan memformat objek yang telah Anda gabungkan sebagaimana objek-objek lainnya.

Artikel terkait:
Advertisement