Cara Mengakses Aplikasi Dengan Cepat Menggunakan Application Folder Di Windows 8

Advertisement
Application Folder adalah sebuah folder yang di dalamnya berisi daftar semua aplikasi yang ada di Windows 8, baik aplikasi yang ada di Start Screen maupun Desktop. Dengan menggunakan folder ini, Anda bisa dengan cepat mengakses aplikasi apapun, dari manapun. Anda bisa mengakses aplikasi Desktop langsung dari Start Screen, dan sebaliknya, Anda bisa mengakses aplikasi Start Screen langsung dari Desktop.

Cara membuat Application Folder:

  1. Buka Desktop. lalu buka File Explorer (di Windows versi sebelumnya disebut Windows Explorer).
  2. Navigasikan ke Desktop, lalu buat folder baru dan beri nama folder tersebut dengan nama: Applications.{4234d49b-0245-4df3-b780-3893943456e1}
  3. Klik-kanan pada folder tersebut lalu klik Pin To Start untuk menampilkan folder tersebut ke Start Screen. Di Start Screen, folder tersebut akan diletakkan di sebelah paling kanan (geser layar untuk menemukannya). Anda bisa memindahkannya ke kiri dengan cara drag/menariknya.
Pada Desktop dan File Explorer, klik-dua-kali folder tersebut, dan Anda akan melihat daftar semua aplikasi Anda: aplikasi Windows 8 yang ada di Start Screen, aplikasi Desktop, dan banyak aplikasi sistem seperti Control Panel. Aplikasi Start Screen sekilas seperti tidak memiliki icon. Namun, jika Anda lihat lebih dekat di dalam folder, Anda akan melihat simbol berwarna putih. Sedangkan aplikasi Desktop memiliki icon seperti biasanya. Untuk menjalankan aplikasi, termasuk aplikasi asli Windows 8 yang ada di Start Screen, Anda cukup klik-dua-kali pada aplikasi tersebut seperti biasanya.
Advertisement