Cara Menambahkan Header Dan Footer Di PowerPoint 2013

Advertisement
Sebelum Anda mencetak slide PowerPoint 2013 Anda, Anda mungkin ingin menambahkan informasi seperti nomor slide, tanggal dan waktu presentasi dicetak, atau nama author. Untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan fitur Header dan Footer. Anda bisa memasukkan header dan footer yang berbeda pada slide dan pada Notes dan Handout. Anda juga bisa memilih untuk tidak menampilkan teks header dan footer pada Title Slide.

Cara menambahkan header dan footer:

  1. Pada Ribbon, klik tab Insert.
  2. Pada grup Text, klik tombol Header & Footer. Kotak dialog Header And Footer ditampilkan.
  3. Klik tab Slide atau Notes And Handouts, tergantung dengan dimana Anda ingin membuat header dan footer.
  4. Pilih check box Date And Time untuk memasukkan tanggal dan waktu, lalu pilih opsi berikut:
    • Update Automatically: pilih ini untuk menyertakan tanggal dan waktu yang akan selalu diupdate setiap kali Anda membuka slide show. Jika Anda memilih opsi ini, gunakan daftar drop-down untuk memilih format tanggal dan waktu, bahasa, dan jenis kalender.
    • Fixed: pilih opsi ini untuk menyertakan tanggal yang telah Anda tentukan (dengan mengetikkannya).
  5. Pilih check box Slide Number untuk memasukkan nomor setiap slide.
  6. Pilih check box Footer, lalu masukkan teks yang ingin Anda tampilkan pada footer.
  7. Jika Anda berada pada tab Slide, Anda bisa memilih check box Don’t Show On Title Slide jika tidak ingin menampilkan informasi footer pada semua slide dengan layout Title Slide.
  8. Klik Apply To All untuk menerapkannya ke semua slide. Pada tab Slide, Anda memiliki opsi untuk klik Apply jika Anda hanya ingin menerapkannya pada slide yang Anda pilih saat itu.
Tips & Trik:
Semua item yang Anda masukkan menggunakan tab Slide pada kotak dialog Header And Footer akan dimasukkan sebagai footer, tapi Anda bisa mengaturnya dengan drag/tarik placeholder footer pada Slide Master View untuk memindahkannya ke tempat lain pada layout slide Anda sesuai kebutuhan (Anda juga bisa memindahkannya pada masing-masing slide, tapi ini bukanlah langkah yang baik karena mungkin akan memutus koneksi antara slide dengan masternya atau theme.) Tab Notes And Handout memiliki pengaturan untuk placeholder header dan footer, dan Anda bisa memindahkan placeholder tersebut pada Handout Master View atau Notes Master View.

Artikel terkait:
Advertisement