Cara Menambah, Menghapus, Dan Mengatur Tombol Pada Ribbon PowerPoint 2013

Advertisement
Ide dibalik interface yang pertama digunakan oleh Microsoft Office 2007 adalah tool-tool yang sering digunakan diletakkan pada Ribbon, dan tool yang jarang digunakan, meskipun bisa diakses, tidak menjadi bagian dari interface utamanya secara default.

Cara menambahkan tombol ke Ribbon:

  1. Pada Ribbon, klik tab File untuk menampilkan Backstage View, lalu klik tab Options. Kotak dialog PowerPoint Options ditampilkan.
  2. Klik Customize Ribbon.
  3. Dibawah kategori Customize The Ribbon di sisi kanan, pastikan Main Tabs dalam keadaan terpilih, lalu klik New Tab atau New Group. Gunakan tombol Rename untuk mengubah nama tab atau grup.
  4. Klik tanda-panah-kebawah pada daftar Choose Commands From, dan pilih kategori tool, atau scroll/gulung kebawah dan pilih kategori Commands Not In The Ribbon.
  5. Pada daftar di sebelah kiri, klik sebuah perintah, lalu klik tombol Add untuk menambahkannya ke tab atau grup yang Anda pilih. Ulangi langkah ini untuk tool-tool lain yang ingin Anda tambahkan.
  6. Klik OK.

Cara menghapus atau mengatur letak tool-tool:

  1. Pada Ribbon, klik tab File untuk menampilkan Backstage View, lalu klik tab Options. Kotak dialog PowerPoint Options ditampilkan.
  2. Klik Customize Ribbon.
  3. Pada daftar Main Tabs di sebelah kanan, klik sebuah tab atau grup, klik tanda-plus disampingnya untuk menampilkan tool-toolnya.
  4. Untuk menghapusnya dari Ribbon, klik Remove.
  5. Untuk mengatur letak tool, klik Move Up atau Move Down.
  6. Klik OK untuk menyimpan pengaturan Anda.
Tips & Trik:
  • Meskipun Anda bisa menambahkan sebanyak mungkin tool-tool pada Ribbon, janganlah sampai berlebihan. Tambahkan hanya tool-tool yang sering Anda gunakan saja.
  • Jika Anda ingin mengembalikan Ribbon ke bentuk defaultnya, pada kotak dialog PowerPoint Options, pilih Customize Ribbon, lalu klik Reset.
  • Berhati-hatilah mengubah Ribbon karena mungkin akan membingungkan orang lain atau Anda sendiri karena item-item pada Ribbon sudah tidak sesuai dengan sistem Help atau buku-buku tutorial yang Anda gunakan untuk belajar PowerPoint.

Artikel terkait:
Advertisement