Cara Mempercepat Startup Windows 8 Menggunakan Task Manager

Advertisement
Tab Startup yang ada pada Task Manager sangat berguna untuk menentukan program dan services mana yang harus dijalankan ketika startup, dan mana yang aman untuk dinonaktifkan. Pada sisi kanan, Anda akan melihat kolom Startup Impact. Setiap aplikasi dan services pada daftar tersebut memiliki dampak pada startup, apakah Low, Medium, atau High.

Cara mempercepat startup Windows 8 menggunakan Task Manager:

  1. Tekan tombol keyboard [CTRL + ALT + DEL], lalu pilih Task Manager. Anda juga bisa membuka Task Manager dengan cara mengetikkan "Task Manager" tanpa tanda-kutip pada Start Screen, lalu klik icon Task Manager yang ditampilkan.
  2. Klik tab Startup.
  3. Untuk menghentikan aplikasi agar tidak dijalankan ketika startup, klik-kanan pada item, lalu pilih Disable. Ini akan mencegah aplikasi dijalankan, namun aplikasi masih tetap ada pada hard disk.
Terkadang nama aplikasi yang ditampilkan pada Task Manager sudah jelas dan deskriptif seperti Microsoft SkyDrive, yang mewakili aplikasi yang menjalankan Microsoft SkyDrive Client. Tapi terkadang ada juga aplikasi yang namanya tidak jelas, seperti "hkcmd Module". Anda bisa melihat pada kolom Publisher bahwa aplikasi tersebut dari Intel. Tapi program apakah itu, dan apa fungsinya? Anda pasti membutuhkan informasi lebih detil untuk memutuskan apakah aplikasi tersebut dinonaktifkan atau tetap diaktifkan ketika startup.

Untuk mengetahui informasi tentang item startup, klik-kanan pada item tersebut lalu pilih Search Online. Maka akan mengakses internet menggunakan browser dan mesin pencari default Anda. Hasilnya biasanya akan memberikan Anda link/tautan ke beberapa situs dengan detil mengenai aplikasi atau services tersebut. Pada contoh diatas, "hkcmd Module" ternyata aplikasi yang memungkinkan Anda mengakses untuk mengatur properti grafis chipset Intel. Penjelasan lihat gambar dibawah.
Ketika Anda ingin menghentikan program agar tidak dijalankan pada startup, lakukanlah satu persatu, jangan langsung beberapa aplikasi sekaligus. Ini akan memastikan apakah yang Anda lakukan tidak membuat sistem menjadi bermasalah. Jadi, setelah Anda menghentikan satu program, restart komputer. Jika komputer berjalan dengan baik, coba hentikan program lainnya dan restart lagi. Lanjutkan sampai Anda menghentikan semua program yang tidak Anda inginkan berjalan pada startup secara otomatis.
Advertisement