Cara Mempercepat Startup Dengan Cara Mematikan Services Di Windows 8

Advertisement
Yang berjalan di latar belakangan Windows adalah services, yang membantu sistem operasi untuk berjalan, atau memberikan dukungan ke aplikasi tertentu. Kebanyakan dari services ini otomatis dijalankan ketika startup. Meskipun Anda membutuhkannya, kebanyakan dari services-services ini tidaklah benar-benar Anda butuhkan, dan bisa memperlambat sistem Anda ketika berjalan di latar belakang. Anda bisa mematikan services yang tidak diperlukan agar tidak dijalankan pada startup melalui Services Computer Management Console.

Cara mematikan services melalui Services Computer Management Console:

  1. Ketikkan "services.msc" tanpa tanda-kutip pada Start Screen lalu klik icon yang ditampilkan. Atau, ketikkan "services.msc" tanpa tanda-kutip pada kotak dialog Run lalu tekan [ENTER].
  2. Setelah Anda membuka Services Computer Management Console, klik tab Extended. View ini akan menunjukkan deskripsi dari setiap services pada panel kiri ketika Anda menyorot/memilih services. Kolom Startup Type menunjukkan bagaimana services tersebut dijalankan (Automatic berarti otomatis dijalankan ketika startup). Klik bagian atas kolom untuk menyortir services berdasarkan Startup Type-nya, lalu klik setiap services untuk melihat deskripsinya.
  3. Jika Anda ingin services tidak dijalankan secara otomatis ketika startup, klik-kanan pada services tersebut lalu pilih Properties. Pada kotak dialog Properties, di daftar drop-down Startup Type, pilih Manual. Services tidak akan berjalan secara otomatis kecuali ada services lain yang bergantung pada services tersebut, dan Anda bisa menjalankannya lagi melalui Services Computer Management Console.
  4. Jika Anda ingin benar-benar mematikan services sehingga tidak dijalankan pada sistem, pilih Disabled. Jika Anda mematikan services yang sangat dibutuhkan Windows untuk bisa berjalan normal, maka service tersebut tidak akan berjalan, dan bisa menyebabkan problem pada sistem operasi.
  5. Jika Anda ingin services tetap dijalankan, tapi Anda juga ingin komputer start lebih cepat, pilih Automatic (Delayed Start). Ketika Anda memilih ini, services tidak dijalankan seketika ketika startup, namun menunggu beberapa saat setelah startup, baru services dijalankan. Komputer akan startup lebih cepat, services tetap bisa dijalankan, dan sistem masih beroperasi dengan normal.
  6. Anda juga bisa menghentikan sebentar (Pause) sebuah services untuk melakukan tes pada komputer ketika services dimatikan, untuk mengetahui services tersebut diperlukan atau tidak, untuk mengetahui apakah sistem masih berjalan normal ketika services tersebut dimatikan.
  7. Cara lain untuk mengetahui dampak dari mematikan services tertentu adalah dengan mematikan services yang ingin Anda nonaktifkan dengan cara klik Stop. Untuk services yang tidak bisa dihentikan ketika sistem sedang berjalan, Anda bisa mengatur Startup Type menjadi Manual lalu restart komputer Anda untuk melihat dampaknya pada sistem Anda.

Service yang mungkin bisa Anda matikan:

  • Remote Registry: Memungkinkan pengguna dari jauh untuk mengubah pengaturan Registry pada komputer Anda.
  • Windows Error Reporting Service: Mengaktifkan laporan error dan memberikan solusi ketika sistem Anda bermasalah.
Advertisement