Cara Mempercepat Booting Windows 8 Dengan Cara Mengatur BIOS

Advertisement
Ketika Anda menghidupkan komputer, maka akan melalui serangkaian prosedur startup pada BIOS sebelum menuju ke Windows. Sehingga, jika Anda mempercepat prosedur startup tersebut, maka Anda akan membuat sistem Anda menjadi lebih cepat.

Anda bisa mempercepat proses startup dengan cara mengubah pengaturan BIOS melalui setup built-in yang ada. Untuk mengakses BIOS, setiap komputer bisa berbeda-beda caranya, tapi biasanya bisa dilakukan dengan menekan tombol keyboard DELETE, F1, F2, atau F10 ketika proses startup. Anda akan dihadapkan pada menu dengan banyak pilihan pengaturan. Dibawah ini ada beberapa opsi yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat proses startup komputer Anda:

Quick Power On Self Test (POST).
Ketika Anda mengaktifkan opsi ini, sistem Anda akan menjalankan Power On Self Test (POST) yang lebih singkat daripada normal.

First Boot Device.
Jika Anda mengubah urutan booting dengan memeriksa hard disk terlebih dahulu, maka waktu startup komputer Anda akan lebih cepat.

Boot Up Floppy Seek.
Nonaktifkan opsi ini. Karena jika diaktifkan sistem Anda akan menghabiskan beberapa detik untuk memeriksa Floppy Drive terlebih dahulu ketika proses startup.

Boot Delay.
Beberapa sistem memiliki opsi untuk menunda booting setelah Anda menghidupkan komputer untuk memberikan kesempatan pada hard disk agar berputar terlebih dahulu sebelum booting. Nonaktifkan fitur ini. Jika Anda mengalami masalah setelah menonaktifkannya, Anda bisa mengembalikan ke pengaturan aslinya.
Advertisement