Cara Memilih Skema Warna Dan Mengganti Huruf Theme Di PowerPoint 2013

Advertisement
Theme menyertakan pengaturan untuk warna dan huruf. Skema warna theme akan berdampak pada hampir semua elemen pada slide Anda seperti background, teks, dan gambar. Warna theme memiliki set warna yang serasi, sehingga slide di dalam presentasi Anda akan terlihat atraktif dan menarik. Huruf theme menyertakan pengaturan untuk huruf heading dan body. Ketika Anda menerapkan sebuah theme, itu sudah menyertakan preset skema warna dan huruf, tapi Anda bisa mengubah warna dan huruf theme untuk memberikan slide Anda tampilan lain.

Cara memilih skema warna:

  1. Pada Ribbon, klik tab Design.
  2. Pada grup Variants, klik tanda-panah More yang ada pada galeri Variants.
  3. Pada menu yang ditampilkan, arahkan ke Colors.
  4. Pada galeri yang ditampilkan, klik skema warna untuk menerapkannya ke semua slide. Atau, klik-kanan pada sebuah skema warna, lalu pilih Apply To Selected Slides untuk menerapkan hanya pada slide yang Anda pilih saat itu.

Cara mengganti huruf theme:

  1. Pada Ribbon, klik tab Design.
  2. Pada grup Variants, klik tanda-panah More yang ada pada galeri Variants.
  3. Pada menu yang ditampilkan, arahkan ke Fonts.
  4. Pada galeri yang ditampilkan, klik sebuah huruf untuk menerapkannya ke semua slide.
Tips & Trik:
  • Pastikan untuk menggunakan kombinasi warna yang bekerja dengan baik pada ruangan dimana Anda akan menyajikan presentasi. Kebanyakan warna kombinasi yang ditawarkan PowerPoint sudah membuat teks Anda mudah dibaca, tapi jika Anda memutuskan untuk mengubah warna elemen tertentu, selalu ingat bahwa warna teks terang lebih susah dibaca pada ruangan yang terang.
  • Setelah Anda klik tombol More yang ada di grup Variants, Anda bisa menggunakan opsi Effects untuk menampilkan galeri efek theme. Dari sana, Anda bisa memilih efek yang Anda inginkan.
  • Untuk membuat huruf theme Anda sendiri, pada galeri huruf theme, pilih Customize Fonts. Pilih huruf heading dan body, berikan nama, lalu klik Save. Theme yang Anda buat tersebut akan ditampilkan pada galeri Fonts.
  • Setelah Anda mengubah warna dan huruf theme, Anda bisa menyimpan perubahan yang Anda lakukan sebagai theme baru. Pada grup Themes, klik tombol More, klik Save Current Theme, berikan nama, lalu klik Save.

Artikel terkait: