Cara Memilih Huruf Dan Mengubah Ukurannya Di PowerPoint 2013

Advertisement
Huruf adalah bagian dari desain yang bisa Anda terapkan pada teks Anda. Mereka mampu menambahkan nilai "kepribadian" yang berbeda pada konten slide Anda. Beberapa huruf terkesan lucu dan beberapa lainnya berkesan formal. Dan ada juga huruf yang mampu memberikan "penekanan" pada teks Anda. Trik memilih huruf yang tepat untuk presentasi adalah memastikan bahwa huruf tersebut cocok dengan desain dan tujuan dari slide Anda. Anda juga harus memastikan bahwa audien Anda bisa membacanya tanpa kesulitan. Untuk membantu memastikan hal tersebut, Anda bisa mengubah ukuran huruf sesuai dengan kebutuhan presentasi Anda.

Cara memilih huruf:

  1. Pada Ribbon, klik tab Home.
  2. Pilih teks yang ingin Anda format. Anda bisa klik placeholder lalu klik bordernya untuk memilih semua teks di dalamnya, atau klik placeholder lalu drag/tarik di sepanjang teks di dalam placeholder untuk memilihnya.
  3. Pada grup Font, klik tanda-panah drop-down yang ada pada daftar Font.
  4. Scroll/gulung kebawah untuk melihat semua daftar huruf yang tersedia. Preview setiap huruf akan ditampilkan pada teks yang Anda pilih ketika Anda meletakkan pointer mouse di dalam daftar.
  5. Klik huruf yang ingin Anda gunakan.

Cara mengubah ukuran huruf:

  1. Pada Ribbon, klik tab Home.
  2. Pilih teks yang ingin Anda ubah ukurannya. Anda bisa klik placeholder lalu klik bordernya untuk memilih semua teks di dalamnya, atau klik placeholder lalu drag/tarik di sepanjang teks di dalam placeholder untuk memilihnya.
  3. Pada grup Font, klik tanda-panah drop-down Font Size.
  4. Arahkan pointer mouse keatas ukuran huruf untuk melihat previewnya pada teks yang Anda pilih.
  5. Klik ukuran huruf yang ingin Anda gunakan.
Tips & Trik:
  • Jenis-jenis huruf yang Anda lihat pada daftar Font adalah huruf yang diinstal bersama dengan sistem operasi Windows. Anda bisa mencari jenis huruf lainnya secara online, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Untuk mempelajari lebih jauh mengenai huruf dan mencari jenis huruf lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Microsoft Typography di www.microsoft.com/typography/default.mspx.
  • Tidak semua ukuran huruf tersedia pada daftar Font Size. Hanya ukuran yang umum saja yang ditampilkan. Jika Anda tidak menemukan ukuran huruf yang Anda inginkan pada daftar tersebut, Anda bisa mengetikkannya, seperti 100, 13, atau 30 pada kotak Font Size dan tekan [ENTER] untuk menerapkannya.
  • Jangan membuat huruf Anda terlalu kecil sehingga sulit untuk dibaca. Dan juga, perhatikan bahwa ketika Anda menambahkan teks ke dalam placeholder, ukuran hurufnya mungkin akan mengecil agar placeholder bisa menampung semua teks.

Artikel terkait: