Cara Memeriksa Kesalahan Kata/Ejaan Di PowerPoint 2013

Advertisement
Ketika Anda selesai menambahkan kalimat dan objek gambar terakhir pada presentasi Anda, Anda masihlah belum selesai. Karena presentasi Anda mungkin akan ditampilkan pada layar besar di hadapan banyak orang, setiap kesalahan yang muncul bisa merusak kredibilitas pesan yang Anda sampaikan. Untuk alasan tersebut, luangkan waktu untuk memeriksa setiap ejaan, pilhan kata, dan tampilan konten Anda. PowerPoint 2013 menyediakan tool untuk membantu Anda memeriksa keakuratan konten Anda.

Cara memeriksa ejaan:

  1. Buka presentasi yang ingin Anda review. Jika Anda ingin memeriksa ejaan untuk satu kata, pilih kata tersebut.
  2. Pada Ribbon, klik tab Review.
  3. Pada grup Proofing, klik Spelling. Panel Spelling ditampilkan dan menyorot kesalahan ejaan yang pertama.
  4. Lakukan tindakan berikut:
    • Klik sebuah ejaan di dalam daftar sugesti lalu klik Change atau Change All untuk menerapkannya ke kata saat itu atau semua kata yang sesuai yang ditemukan di dalam presentasi Anda.
    • Klik Ignore atau Ignore All untuk melewati kesalahan ejaan yang ditemukan saat itu di dalam presentasi Anda.
    • Ketikkan ejaan yang benar yang akan menggantikan ejaan yang salah, lalu klik Replace di dalam panel.
    • Klik Add untuk menambahkan ejaan ke dalam kamus PowerPoint 2013.
  5. Jika Anda klik salah satu opsi, PowerPoint akan berpindah ke kata berikutnya. Jika semua error sudah diperiksa, PowerPoint menampilkan kotak pesan pop-up yang menginformasikan bahwa pemeriksaan ejan sudah selesai dilakukan. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Untuk menghentikan pemeriksaan ejaan, klik tombol Close (X) pada panel Spelling.
  • PowerPoint secara default memeriksa ejaan secara otomatis. Ini menghasilkan garis-bergelombang yang ditampilkan dibawah kata yang ejaannya salah. Jika Anda klik-kanan pada kata tersebut, PowerPoint menampilkan menu shortcut yang menawarkan ejaan atau kata alternatif. Cukup klik salah satu entry untuk mengubah kata atau ejaan tersebut.
  • Untuk menonaktifkan pemeriksa ejaan yang secara otomatis dilakukan oleh PowerPoint, klik tab File, klik Options, lalu pilih Proofing. Pilih check box Hide Spelling Errors, lalu klik OK.

Artikel terkait:
Advertisement